Tan Malaka (Foto: ist)
Tan Malaka (Foto: ist)

Penulis Novel Kesulitan Cari Informasi tentang Tan Malaka

Putu Radar Bahurekso • 19 Maret 2016 22:42
medcom.id, Jakarta: Hendri Teja menulis novel TAN yang terinspirasi dari Tan Malaka. Teja mengaku kesulitan mencari informasi tentang mantan tokoh Partai Komunis Indonesia (PKI) itu.
 
Salah satu faktor penyebabnya ialah masih 'diharamkannya' tokoh-tokoh komunis seperti Tan Malaka dari pelajaran sejarah di sekolah-sekolah. Padahal mereka juga punya peran memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Bahkan, Tan Malaka orang pertama yang menulis konsep Republik Indonesia.
 
"Sejarah adalah salah satu pelajaran favorit saya, dan seingat saya belum pernah menemukan nama itu dalam buku-buku sejarah yang diajarkan kepada saya sejak SD," tutur Hendri Teja, di Taman Ismail Marzuki, Jakarta pada Sabtu (19/03/2016).

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Beberapa tempat sumber informasi sempat dikunjungi Teja saat ingin mendalami dan mengetahui lebih jauh sosok Tan Malaka, namun tak berhasil.
 
"Sewaktu kuliah, kondisi yang mirip juga saya temukan. Saya cari sumbernya tentang Tan Malaka ke perpustakaan kampus enggak ada, di perpustakaan daerah juga enggak ada. Saya malah melihat Tan Malaka di sebuah kaos t-shirt," jelas Hendri Teja.
 
Namun, hal tersebut tak membuatnya berhenti mengagumi sosok Tan Malaka. Berbagai sumber sastra juga ia baca untuk mengetahui sosok Tan Malaka. Hingga akhirnya ia berhasil menulis sebuah novel tentang TAN.
 
Sebuah novel sejarah yang bercerita tentang pahlawan dari tanah Minang tersebut. Sosok yang ia gambarkan kini dalam novelnya lebih membumi dan lebih manusiawi.
 
 
 
(ELG)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif