Ilustrasi (Foto: Dok. Irama Nusantara)
Ilustrasi (Foto: Dok. Irama Nusantara)

Jalan Panjang Irama Nusantara Mengarsipkan Musik Indonesia

Hiburan arsip musik Hari Musik Nasional
Dhaifurrakhman Abas • 09 Maret 2020 12:46
Irama Nusantara, yayasan yang bergerak di bidang pengararsipan lagu lawas ini telah mengarsipkan 4.045 rilisan lagu.
 
"Saat ini kalau total rilisan yang sudah diarsipkan 4.045 rilisan, itu bisa masuk album, EP, atau singel apapun," kata Office Manager Irama Nusantara, Geni Bangun, ketika berbincang dengan Medcom.id, melalui sambungan telepon.
 
Geni melanjutkan, fokus pengarsipan yang dilakukan Irama Nusantara kini menyadur lagu dari pelbagai dekade. Rilisan yang diarsipkanpun tak lagi sebatas piringan hitam. Irama Nusantara juga menjamah pengarsipan kaset dan juga cakram padat alias CD.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Enggak cuma piringan hitam, tapi juga kaset maupun CD. Itu kita kita convert dan digitalisasi," papar dia.
 
Tantangan
 
Tak hanya sekadar pengarsipan, pihaknya mesti merestorasi tampilan sampul album hingga hasil konversi lagu dari analog ke digital agar layak dengar. Banyaknya materi berusia puluhan tahun membuat media rekam seperti kaset dan piringan hitam tak lagi prima. Suara yang dihasilkan banyak mengandung noise atau bahkan terputus-putus. Mau tidak mau Irama Nusantara harus melakukan restorasi. Ini merupakan tantangan besar bagi Irama Nusantara.
 
"Rilisan yang kita terima enggak langsung bagus, ada yang perlu diperbaiki. Itu kita rapikan. Itu cover juga kita scan, kita edit lagi supaya bagus dan agar sama dengan aslinya," terang dia.
 
Irama Nusantara juga sempat sedikit kesulitan dalam mendigitalisasi arsip-arsip musik yang terdapat di Radio Republik Indonesia (RRI). Sebab itu, pihaknya menjalin kerjasama dengan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) agar misi pengarsiapan tersebut berjalan lancar.
 
"Bekraf juga berbentuk bantuan pemerintah, dia kasih peralatn pengarsipan seperti scanner, komputer, alat pererekam lagu," ujarnya.
 
Geini juga mengakui yayasan ini juga mendapat kemudahan lainnya dalam pengarsipan lagu-lagu tersebut. Mereka mendapat suntikan dana dari Bekraf nyaris menyentuh Rp1 Miliar per tahun.
 
"Ada juga bantuan duit untuk kegiatan pengarsipannya, itu Rp900 jutaan setahun," papar dia.
 
Kerjasama Terputus
 
Sayangnya, kerjasama yang dilakukan Irama Nusantara dengan Bekraf kini berhenti total. Hal ini terhitung semenjak Bekraf melebur Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI) pada 2019 lalu.
 
"Belum ada kelanjutan lagi. Berhenti di 2019, dari mulai pergantian kepemimpinan," keluh dia.
 
Kini Irama Nusantara bergerak dengan mencari cara agar bertahan hidup sendirian. Teranyar pihaknya berusaha menjalin kerjasama dengan cara pintu Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud RI).
 
"Sebenarnya kita berterimakasih sama pemerintah dengan kerjasama waktu itu. Tapi inginnya berkelanjutan. Sejauh ini, kita mencoba mendekati Kemendikbud RI. Ya semoga tembus lah," terang Geni.
 
Sembari berharap kerjasama dengan Kemendikbud, Geni bilang, pihaknya juga tengah berusaha mencari sumber pendanaan lainnya agar yayasan ini tak tumbang. Mereka bahkan membuka penghimpunan dana melalui situs kitabisa.com.
 
"Dukung upaya Irama Nusantara ini agar koleksi pustaka digital musik populer Indonesia terus bertambah dan meningkat, supaya dapat terus diapresiasi oleh generasi kini dan generasi masa depan," ujar dia.
 
Lebih lanjut, Geni berharap pemerintah bisa kembali mendukung Irama Nusantara dalam visi yang berpusat pada pelestarian, pengarsipan dan pendokumentasian musik populer Indonesia. Dia juga ingin masyaralat mendukung.
 
"Untuk orang-orang yang mempunyai koleksi, pedagang apapun semua orang Indonesia, kita pengin mereka tahu dan berkontribusi, mengenai pentingnya pelestarian lagu yang dilakukam dengan cara pengarsipan ini," tandas dia.
 

Jalan Panjang Irama Nusantara Mengarsipkan Musik Indonesia
 

 
(ASA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif