Nick Mamahit (Foto: via wikipedia)
Nick Mamahit (Foto: via wikipedia)

Hari Musik Nasional

Mengenang Nick Mamahit, Magister Musik Pertama Indonesia

Hiburan indonesia musik Hari Musik Nasional Nick Mamahit
Sunnaholomi Halakrispen • 09 Maret 2021 07:00
Jakarta: Nick Mamahit bukan nama yang bisa diremehkan di dunia musik Tanah Air. Ia merupakan orang Indonesia pertama yang menempuh pendidikan musik secara formal, bahkan meraih gelar magister musik di tahun 1940-an.
 
Sebelum kemerdekaan Indonesia, untuk menempuh pendidikan formal tentu tidak mudah. Apalagi menggapai status magister, bukan hanya strata satu (S1).
 
Pada tahun 1944, Nick belajar musik di Amsterdam Conservatorium, salah satu kampus seni bergengsi di Belanda. Fakta perjalanan pendidikan dan kariernya di bidang musik ini diceritakan oleh Prof. Tjut Nyak Deviana Daudsjah, M.Th., A.Mus.D. yang dekat semasa Nick hidup.
 

Musisi Indonesia Pertama yang Meraih Gelar Magister Musik


"Om Nick (sapaan Nick Mamahit oleh Prof. Deviana) Magister. Kalau di sana itu namanya kan Dipl., diplom, itu magister. Karena sekolahnya di sekolah tinggi. Kalau yang masuk universitas, strata satu di Eropa namanya Lic, bahasa latin," tuturnya kepada Medcom.id.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kala itu, Nick telah berkeluarga. Salah satu anaknya pun tinggal di Belanda. Ia memutuskan mengejar ilmu musik di Eropa karena belum ada pendidikan musik formal yang memadai di Indonesia.
 
Mengenang Nick Mamahit, Magister Musik Pertama Indonesia
Ijazah Nick Mamahit yang diakui pemerintah Belanda (Foto: dok. Prof. Tjut Nyak Deviana)
 

"Saya lupa-lupa ingat tapi yang diceritakan ya karena belum ada musisi, belum ada perguruan tinggi yang memadai di sini. Beliau juga ada koneksi di Belanda ya berangkatnya ke sana," jelasnya.
 
Nick tidak hanya mahir di musik jazz. Dia juga piawai memainkan musik di beragam genre lainnya. Menurut Prof. Deviana, Nick adalah musisi multi-genre.
 
"Semuanya. Multi genre Om Nick. Main klasiknya bagus, main jazznya bagus, main pop-nya juga bagus," akunya.
 
Halaman Selanjutnya
  Berbagi Ilmu Musik kepada…
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif