Raihaanun. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
Raihaanun. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Perjalanan Raihaanun Dalami Karakter Film 27 Steps of May

Hiburan
Cecylia Rura • 23 April 2019 21:30
Jakarta: Aktris Siti Hafar Raihaanun Nabila mendapat peran utama dalam film drama 27 Steps of May. Mengambil latar belakang cerita kerusuhan Indonesia pada 1998, momen akhir orde baru dan masa awal era reformasi, Raihaanun merepresentasikan dampak panjang korban kerusuhan tersebut.
 
Mendalami karakter May, Raihaanun melakukan perjalanan pendalaman karakter melalui sumber sekunder yaitu penulis naskah Rayya Makarim dan sutradara Ravi Bharwani.
 
"Sejujurnya saya enggak bisa langsung observasi ke korbannya, karena itu sangat sensitif isunya. Jadi saya lebih ngobrol ke Ravi, bagaimana, traumanya mau dibawa sampai sedalam apa? Layernya seberapa banyak," kata Raihaanun usai premier film 27 Steps of May di XXI Plaza Indonesia Jakarta, Selasa, 23 April 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Film ini menggambarkan kehidupan yang dijalani May sebagai korban aksi perkosaan brutal sejumlah orang. Selama delapan tahun, May tidak hanya menyiksa diri tetapi orang di sekitarnya. Pada satu fase, Raihaanun bertemu seorang pesulap yang mencuri perhatian melalui sebuah lubang kecil di dinding rumah.
 
"Akhirnya terbentuklah fase-fase itu sendiri. Mulai dari dia sebelum ketemu pesulap, sampai dia sudah ketemu pesulap, itu perubahannya," sambung aktris berusia 30 tahun itu.
 
Film berdurasi 112 menit ini memberikan penonton menciptakan dialog sendiri dalam pikiran. Sebab, Raihaanun tidak memberikan banyak kata sebagai luapan emosi. Ini sekaligus menjadi tantangan paling ekstrem bagi istri sutradara Teddy Soeriaatmadja itu sepanjang berkarier sebagai aktor.
 
"Kalau misalkan tidak ada dialog saya hanya bisa dari gesture dan harus bisa saya deliver dengan tepat karena kalau enggak nanti interprestasinya jadi berbeda. Ini adalah salah satu film yang menyuarakan tentang korban kekerasan terhadap perempuan," ungkap Raihaanun.
 
May (Raihaanun) harus bergulat dengan masa lalu menyakitkan saat diperkosa sekumpulan orang tidak dikenal dalam perjalanan pulang dari taman bermain. Peristiwa itu menyisakan luka bagi May yang saat itu berusia 14 tahun. Sang bapak (Lukman Sardi) merasa sangat bersalah karena tidak melindungi May. Hubungan mereka menjadi dingin selama delapan bulan. Kehidupan May mulai berwarna setelah dia mengenal pesulap dari lubang kecil di dinding rumahnya.
 
Produksi film 27 Steps of Away memakan waktu 3-5 tahun. Cerita ini ditulis Rayya Makarim dengan sutradara Ravi Bharwani. Aktor yang terlibat menemani Raihaanun antara lain Lukman Sardi, Verdie Solaiman, Ario Bayu, dan Henky Solaiman.
 
Tahun lalu, film 27 Steps of May mendulang banyak penghargaan di antaranya Film Terbaik (Golden Hanoman Award) kategori Film Panjang Asia Terbaik di Jogja-NETPAC Asian Film Festival pada November 2018. Dalam Film Festival Tempo 2018, Rayya Makarim diganjar penghargaan Penulis Skenario Pilihan Tempo dan Raihaanun dengan penghargaan Aktris Terbaik.
 
Film 27 Steps of May tayang di bioskop Indonesia 27 April 2019.
 

 

(ELG)
TERKAIT
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif