Garin Nugroho (Foto: dok. FFI)
Garin Nugroho (Foto: dok. FFI)

FFI 2021 Punya 4 Kategori Baru, Pemenang Ditentukan Polling

Hiburan reza rahadian FFI (Festival Film Indonesia) FFI 2021
Elang Riki Yanuar • 16 Juli 2021 08:20
Jakarta: Ada empat kategori baru di Festival Film Indonesia (FFI) 2021. Jika biasanya pemenang ditentukan dewan juri, kategori baru itu akan ditentukan oleh polling atau jajak pendapat pecinta film Tanah Air.
 
Empat kategori baru di FFI 2021 yaitu, Film Favorit, Aktor Favorit, Aktris Favorit, dan Kritik Film. Sementara kategori lain tetap ditentukan oleh dewan juri yang dikomandoi Garin Nugroho.
 
"Dalam keterbatasan menyapa masyarakat secara langsung, kamo membuka kategori Film Favorit, Aktor Favorit dan Aktris Favorit yang dipilih lewat media sosial," kata Ketua Bidang Penjurian, Garin Nugroho dalam jumpa pers virtual.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut Garin, FFI tahun ini berupaya menyempurnakan sistem penjurian. Salah satunya, FFI 2021 melibatkan asosiasi-asosiasi film yang ada Indonesia.
 
"Ketentuan penjurian ini adalah kelanjutan dari ketentuan yang sudah terbangun sebelumnya melalui evaluasi dan input berbagai kalangan. Komite FFI tahun ini membangun tiga hal penting dalam aspek penjuriannya, yaitu peran asosiasi profesi perfilman, keterlibatan aktif masyarakat, dan juga sistem dewan juri," jelas Garin.
 
Malam puncak FFI 2021 sendiri akan digelar pada 10 November bertepatan dengan Hari Pahlawan. Pemilihan tanggal ini tidak terlepas dari gerakan para sineas Indonesia yang mengusulkan agar Usmar Ismail dinobatkan sebagai pahlawan nasional. Sebagai Bapak Perfilman Indonesia, kiprah Usmar di dunia film dianggap layak mendapat gelar itu.
 
Sebelum malam puncak, malam nominasi akan digelar pada 10 Oktober 2021. Pendaftaran film akan dibuka mulai tanggal 15 Juli - 30 Agustus 2021. Seleksi dan penjurian akan berlangsung mulai tanggal 30 Agustus 2021 sampai 25 Oktober 2021.
 
Reza Rahadian selaku ketua Komite FFI memastikan acara akan digelar sesuai dengan protokol kesehatan yang ada. Meski digelar di tengah pandemi, Reza Rahadian berharap FFI bisa menjadi penyemangat bagi sineas Indonesia setelah terkena dampak covid-19.
 
"FFI 2021 akan mengutamakan keselamatan para tamu dan orang yang terlibat di dalamnya. Karya sineas dan kecintaan masyarakat terhadap film Indonesia akan menjadi semangat untuk terus memajukan film Indonesia. Di tengah situasi yang berat, kami berharap kehadiran kami bentuk penyemangat dengan memberikan apresiasi," ucap Reza.
 
 
 
(ELG)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif