Dok. Metro TV
Dok. Metro TV

Menyaksikan Asmat dari Layar Dokumenter

Hiburan film dokumenter eagle documentary
Cecylia Rura • 20 Agustus 2020 16:15
Jakarta: Sisi lain Kabupaten Asmat, Papua ditampilkan dalam film dokumenter Menabur Benih di Lumpur Asmat. Sutradara Yosep Levi dan Bernard Boki Koten mengajak penonton melihat bagaimana Asmat kini menjadi lahan yang dapat ditanami untuk mencukupi kebutuhan warganya.
 
Romanus Meak, guru juga warga distrik Yufri mengajak warga menanam berbagai jenis tanaman di tanah rawa yang semula tak bisa ditanami. Diakui Romanus berat ketika mengajak masyarakat Papua beralih dari mengandalkan hasil laut dan alam ke pelestarian hasil bumi.
 
"Dulu itu warga sempat bilang kita tidak boleh membuka kebun. Tapi setelah diberitahu secara terus menerus mereka baru mau mengerti. Bahkan sebagian dari mereka membantu kita," kata Romanus.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tanaman rupanya tumbuh subur. Hasil kebun menjadi alternatif panganan warga. Sebagian hasilnya dijual untuk membeli susu yang diberikan kepada anak-anak sekolah dasar setempat.
 
"Di sini itu anak-anak berangkat sekolah seadanya. Pendidikan dalam rumah itu kalau sudah tidak beres di luar pun anak-anak juga akan bersikap demikian karena ini adalah dasar. Anak-anak sebelum ke sekolah dan memulai pelajaran harus kita bekali dengan gizi yang cukup," kata Romanus.
 
Kabupaten Asmat, Papua mendapat predikat daerah tertinggal. Predikat ini tertuang dalam Peraturan Presiden No. 63 tahun 2020-2024. Ibukota Asmat yakni Agats memiliki luas wilayah hingga 31.984 km2. Tidak ada jalur darat untuk menjangkau satu distrik ke distrik lainnya sehingga perahu menjadi transportasi andalan.
 
Film Menabur Benih merupakan bagian dari program Eagle Awards. Kisah Romanus Meak yang berusaha mengubah pola hidup masyarakat Yufri, Asmat, Papua dari menggantungkan hidup pada alam ke bercocok tanam bisa disaksikan selengkapnya pada Minggu, 23 Agustus 2020 pukul 10.30 WIB di program Melihat Indonesia Metro TV.
 

 
(ELG)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif