Marcella Zalianty, Penggagas Indiskop Film Festival dalam diskusi virtual, Rabu 24 Juni 2020
Marcella Zalianty, Penggagas Indiskop Film Festival dalam diskusi virtual, Rabu 24 Juni 2020

Indiskop Film Festival 2020: Kompetisi dan Ruang Belajar Virtual

Hiburan film indonesia
Cecylia Rura • 24 Juni 2020 13:44
Jakarta: Bioskop rakyat Indiskop menggelar festival film daring dengan tema Indonesia Bangkit - Dari Rumah untuk Indonesia. Gagasan ini berangkat untuk mengajak anak muda dari seluruh lapisan produktif dan kreatif memertahankan aktivasi ekosistem film Indonesia meski dari rumah semasa pandemi Covid-19.
 
"Tidak hanya sebagai medium entertaining saja tetapi sebagai medium literasi bagaimana kita juga mengapresiasi perfilman Indonesia dan kita tetap membangun semangat optimisme yang kita jaga bersama sebagai kekuatan yang tetap ada pada diri kita masing-masing untuk menghadapi masa pandemi ini," terang Marcella Zalianty, penggagas Indiskop Film Festival dalam diskusi virtual, Rabu 24 Juni 2020.
 
Indiskop Film Festival memuat tiga program besar yakni Indis Class, Indis Talk, dan Indis Screening yang digelar Juni hingga Agustus 2020. Rangkaian acara ini dibuka dengan kompetisi film bertema Dari Rumah untuk Indonesia dengan durasi 5-20 menit. Open submission dibuka pada 26 Juni 2020.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kompetisi dalam Indiskop Film Festival menampilkan kisah kreatif dan inspiratif untuk masyarakat di tengah pandemi Covid-19. Pemenang terpilih yakni Film Terbaik, Pemain Terbaik, Film Pilihan Penonton, serta Film Pendek akan dimuat dalam aplikasi Indiskop serta mendapat uang tunai. Dewan juri dalam kompetisi Indiskop Film Festival 2020 yakni Marcella Zalianty, Hanung Bramantyo, dan Hikmat Darmawan. Syarat dan ketentuan pendaftar dapat disimak dalam indiskop.id.
 
Rangkaian belajar dari rumah ada Indis Class berupa kelas berbayar dengan rentang Rp150 ribu hingga Rp500 ribu per kelas. Kelas-kelas ini untuk mendalami bidang perfilman seperti produksi film, penyutradaraan, akting, penulisan skenario, storytelling, dan kewirausahaan sosial. Setiap peserta akan mendapatkan sertifikat.
 
Indis Class menghadirkan Angga Sasongko, Ifa Isfansyah, Titien Wattimena, Garin Nugroho, Andhy Pulung, Niniek L. Karim, Jose Rizal Manua, Reza Rahadian, Chelsea Islan, Teuku Rifnu Wikana, Sha Ine Febriyanti, Sesha K., Gira Wirjawan, dr. Gamal Albinsaid, dan para pelaku industri lain yang akan berbagi ilmu di Indis Class.
 
Indiskop Festival juga mengadakan Indis Talk setiap Senin pukul 16.00 WIB dengan durasi 30-60 menit, disiarkan melalui Instagram dan YouTube secara live. Program ini membahas pengalaman, tema, dan tips seputar film.
 
Perbincangan dalam Indis Talk nantinya selaras dengan program Indis Screening, yaitu pemutaran film melalui aplikasi Indiskop. Aplikasi ini juga memutar film dari pemenang kompetisi Indiskop Film Festival yang telah dikurasi oleh juri dalam Indis Screening. Program Indis Screening juga menayangkan film-film bertema kebangsaan sejalan dengan tema bulan kemerdekaan pada Agustus.
 
Indiskop Film Festival 2020 turut mendapat dukungan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), Siberkreasi dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI), serta Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia.
 
"Kami berharap Indiskop Film Festival ini menjadi ruang untuk mengeksplorasi informasi, mencari solusi-solusi baru melalui paltform digital, untuk mengingatkan bahwa platform digital ini sebenarnya tanpa batas," terang Joshua Simanjuntak, Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif (EDPK) Kemenparekraf.
 

 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif