Game of Thrones (Foto: hbo)
Game of Thrones (Foto: hbo)

Episode Terbaru Game of Thrones Tampak Sangat Gelap? Ini Kata Sinematografer

Hiburan game of thrones
Purba Wirastama • 02 Mei 2019 07:00
New York: Episode ketiga dari musim terakhir Game of Thrones menyajikan gambar adegan yang lebih gelap ketimbang biasanya. Banyak penonton mendapati visual yang sangat gelap, sebagian kesulitan mengikuti apa saja yang terjadi dalam kisah episode The Long Night itu.
 
Dalam wawancara dengan Wired, sinematografer (penata kamera & cahaya) Fabian Wagner menjawab persoalan itu. Fabian bergabung sebagai sinematografer untuk Game of Thrones (GOT) sejak episode 36 (musim 4 episode 6). Dari 73 total episode, dia ikut mengerjakan delapan episode, termasuk episode 70 (musim 8 episode 3) yang baru saja tayang di HBO.
 
Menurut Fabian, masalah "terlalu gelap" dalam episode 70 tidak terletak pada tim produksi, tetapi pada pengaturan televisi para penonton.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Banyak masalahnya adalah banyak orang yang tidak tahu bagaimana mengatur televisi mereka dengan tepat. Banyak juga orang yang sayangnya, menonton episode ini di iPad kecil, yang mana bukan cara yang layak untuk sebuah pertunjukan seperti itu," tutur Fabian.
 
Fabian juga bercerita bahwa kreator serial ini, David Benioff dan DB Weiss, memang meminta episode 70 menjadi episode paling kelam. Sejak musim kelima (episode 41-50), gambar adegan GOT cenderung menjadi lebih gelap karena tuntutan cerita. Episode 70 dirancang sebagai episode dengan kisah perang yang paling kelam.
 
"Mereka memutuskan bahwa ini harus menjadi sebuah episode yang kelam. Kita telah melihat begitu banyak adegan perang selama bertahun-tahun. Agar bisa membuat ini benar-benar berpengaruh dan menjaga para karakternya, kau harus mencari sebuah cara unik untuk membingkai cerita," ujar Fabian.
 
Syuting sebagian besar adegan memang dilakukan saat malam sehingga hasil akhir bukanlah atmosfer siang yang "dibuat malam", melainkan atmosfer malam yang diberi pilihan cahaya lampu tertentu. Menurut Fabian, jenis tampilan visual lain, misalnya yang lebih terang, akan menjadi tidak cocok dengan tujuan episode.
 
Bagaimana dengan keluhan bahwa penonton tidak bisa melihat detail adegan?
 
Kata Fabian, tidak terlalu penting menangkap setiap detail adegan dalam episode ini. Ketimbang tahu apa yang terjadi, merasakan dampak emosional adalah tujuan yang lebih penting.
 
Dia juga menyarankan Game of Thrones ditonton selayaknya film yang dibuat untuk bioskop, yaitu dalam ruangan gelap. "Menonton adegan malam dalam ruangan yang agak terang tidak akan membantumu melihat gambarnya dengan baik," pungkasnya.
 
Game of Thrones adalah serial fantasi epik dari HBO yang diadaptasi dari seri novel A Song of Ice and Fire karya George RR Martin. Episode pertama ditayangkan pada April 2011 dan disusul 72 episode berikutnya dalam delapan musim hingga sekarang.
 
Musim delapan atau terakhir Game of Thrones terdiri atas enam episode. Episode pertama telah dirilis perdana di HBO pada 14-15 April 2019 dan disusul episode baru setiap pekan hingga Mei mendatang.
 

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif