A Business Proposal. Foto: sbs)
A Business Proposal. Foto: sbs)

Webtoon A Business Proposal Diadaptasi Jadi Serial di Netflix

Elang Riki Yanuar • 11 Maret 2022 15:25
Jakarta: Web novel dan webtoon A Business Proposal resmi diadaptasi menjadi serial di Netflix mulai 28 Februari 2022. Kehadiran webtoon produksi Kakao Entertainment ini diharapkan mampu menjangkau penonton lebih luas.
 
Sejak pertama kali dirilis, A Business Proposal telah dibaca sebanyak 450 juta kali di Korea dan negara lainnya hingga Februari 2022. A Business Proposal awalnya merupakan sebuah serial web novel yang dirilis pada tahun 2017. Namun, Kakao Entertainment mentransformasi serial ini ke dalam webtoon di tahun 2018.
 
"Dengan suksesnya perilisan drama ini dan bagi penonton yang menikmati ceritanya, kami sangat menyarankan Anda untuk juga melihat cerita aslinya melalui 'kakaopage' untuk mengeksplorasi kisahnya lebih dalam," kata perwakilan Kakaopage Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


A Business Proposal diawali dengan cerita Shin Ha Ri yang mengikuti kencan buta untuk membantu temannya menjauhkan calon pria yang dijodohkan keluarga temannya tersebut tanpa mengetahui bahwa pria tersebut merupakan seorang CEO tempat Ha Ri bekerja.
 
Kang Tae Moo, sang CEO, dikenal membenci dua hal yaitu, kebohongan dan romansa kantor. Kisah romantis yang dibalut dengan komedi ini akhirnya bersemi di antara keduanya meskipun Ha Ri menggunakan identitas palsu.
 
Adaptasi webtoon ini telah diterima baik bahkan di luar Korea, seperti Amerika Serikat, Jepang, Thailand, Indonesia, Taiwan, dan India. Peluncuran webtoon sebagai serial drama Netflix ini menunjukkan pendekatan Kakao Entertainment yang tepat untuk memperluas konten properti intelektualnya dengan menggunakan bentuk penceritaan yang berbeda.
 
Webtoon lain dari Kakao Entertainment yang diadaptasi menjadi serial ataupun film Netflix ialah Itaewon Class, The Uncanny Counter, dan Space Sweepers. Serial webtoon A Business Proposal pertama kali dirilis secara global di Indonesia pada tahun 2018. Perilisan ini menjadi mega hit di Indonesia dan dilihat hampir 200 juta kali dengan total 1 juta pembaca.
 
"Saya sangat menantikan A Business Proposal muncul sebagai sebuah serial drama setelah sebelumnya dalam format webtoon. Saya berharap drama tersebut dapat memberikan rasa gembira kepada para penontonnya,” ucap Haehwa, novelis web yang menuliskan cerita asli A Business Proposal.
 
 
(ELG)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif