Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) bersama pemeran dan tim film Dilan 1991 (Foto: Medcom.id/Purba Wirastama)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (tengah) bersama pemeran dan tim film Dilan 1991 (Foto: Medcom.id/Purba Wirastama)

Ridwan Kamil Siap Dukung Syuting Film di Jawa Barat

Hiburan ridwan kamil
Purba Wirastama • 11 Februari 2019 16:13
Bandung: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan komitmennya untuk mendukung produksi film yang mengambil lokasi di Bandung dan Jawa Barat. Baginya dan Pemprov, film bisa menjadi salah satu strategi pemasaran wisata suatu kota.
 
Produksi dua film yang baru-baru ini didukung Pemprov Jawa Barat dan Pemkot Bandung adalah Dilan 1991 dan Milea. Sejak Dilan 1990, syuting film memang sudah dilakukan di Bandung, khususnya di kawasan yang masih punya nuansa 1990-an.
 
"Enggak cuma Dilan, saya sudah turun langsung (membantu) untuk film-film sebelumnya," kata pria yang akrab disapa Kang Emil ini di rumah dinas gubernur, Minggu, 10 Februari 2019.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami ingin Bandung dan Jawa Barat pada umumnya menjadi moviemaking-friendly city. Bandung itu lengkap – latar jadul banyak, kampus banyak, mall mewah banyak, daerah khas banyak. Mau bikin film kolosal, jomblo-jomblo figuran juga banyak," imbuhnya berkelakar. "Sampaikan ke produser, jangan kapok syuting di Bandung."
 
Dukungan Pemprov dan Pemkot/Pemkab bagi produksi film punya nilai transaksional. Produser mendapat bantuan dan kemudahan izin, sedangkan suatu daerah punya peluang untuk mendongkrak citra sebagai kota ramah kunjungan. Jika kunjungan meningkat, roda perekonomian turut bergerak.
 
"Film itu strategi pemasaran kota. Kenapa kok saya baik banget mendukung produksi film? Karena film bisa menjadi branding sebuah kota," ujar Emil.
 
Dalam waktu dekat, Bandung akan memiliki satu taman kota baru bernama Taman Dilan. Gagasan ini datang dari Emil sewaktu masih menjabat sebagai walikota Bandung pada 2018. Tahun itu pula, film adaptasi Dilan 1990 dirilis di bioskop dan sukses besar secara komersial.
 
Kreator kisah Dilan, Pidi Baiq, bersedia kisah dan nama "Dilan" diabadikan menjadi milik Bandung. Rencananya, Taman Dilan akan dihiasi dengan kata-kata atau dialog ikonik dari novel seri Dilan.
 
Emil menyebut taman ini akan menjadi destinasi experience tourism yang kini sedang digemari generasi muda.
 
"Ada istilah Menteri Pariwisata, experience tourism – kalau enggak ke situ, enggak eksis. Itu menandakan gaya milenial sekarang, transisi," ujar Emil.
 
Dilan 1991 akan dirilis di bioskop pada Kamis, 28 Februari 2019.

 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi