Serial China Squid's Victory jiplak serial Korea Squid Game. Foto: Koreaboo
Serial China Squid's Victory jiplak serial Korea Squid Game. Foto: Koreaboo

Jiplak Squid Game, Situs Streaming Asal China ini Dikecam Netizen

Hiburan korea selatan netflix Plagiarisme Serial Korea Squid Game
Cindy • 22 Oktober 2021 15:37
Jakarta: Serial Squid Game menjadi drama Korea Selatan yang paling banyak ditonton di Netflix. Di tengah popularitasnya, situs streaming asal China, Youku, dikecam karena dituding menjiplak serial populer milik Netflix itu. 
 
Dilansir dari NME, Youku mempromosikan acara terbaru berjudul Squid's Victory di sebuah pameran investasi pada Rabu, 20 Oktober 2021. Netizen di berbagai media sosial kemudian menuding Squid's Victory menjiplak serial Squid Game. 
 
Plagiarisme itu terlihat dari poster Squid's Victory yang sangat mirip dengan Squid Game. Terutama ikonik Squid Game, seperti simbol lingkaran, segitiga, dan persegi berwarna merah muda. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tak hanya itu, konsep acara tersebut juga sama seperti serial Squid Game. Kontestan Squid's Victory akan bersaing melawan satu sama lain melewati rintangan dengan memainkan permainan anak-anak asal China. Acara yang dituding plagiat Squid Game itu akan tayang di layanan streaming Youku pada 2022.  

Netizen Korea dan China kecam Squid's Victory

Kemunculan acara Squid's Victory mendapat reaksi beragam dari netizen Korea dan China. Pasalnya, Pemerintah China telah memberlakukan larangan ketat pada acara Korea dan K-pop di China. 
 
Setelah poster promosi Squid's Victory dirilis, sejumlah netizen China mengungkapkan rasa malu di media sosial Twitter. Menurut mereka, acara tersebut secara terang-terangan melakukan plagiat. 
 
"Hampir seluruh netizen China merasa malu dengan plagiarisme secara terang-terangan mengikuti Squid Game. Kami meminta acara itu untuk mengganti nama dan logo," tulis @melonconsumer dikutip dari Twitter, Jumat, 22 Oktober 2021. 
 
"China menjiplak acara Korea lagi. Judulnya Squid's Victory yang rilis 2022. Pemerintah China melarang acara Korea dan K-pop, tapi perusahaan produksi film China malah menjiplak banyak acara Korea," tulis @Shutda_ur_mouth. 

Klarifikasi Youko soal Squid's Victory

Setelah mendapat berbagai kecaman publik, Youko langsung menyampaikan permintaan maaf lewat Weibo. Youko mengatakan bahwa poster yang tersebar masih draft. Youko pun segera mengganti nama acara mereka dari Squid's Victory menjadi Game Victory. 
 
"Karena kesalahan kerja, draft pertama Game Victory salah digunakan dalam kegiatan promosi di pameran investasi," tulis Youku di Weibo. 
 
Youku juga telah merilis poster baru untuk Game Victory. Perubahan terlihat dari format tulisan yang diganti dan simbol lingkaran merah muda yang dihapus. 
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif