Sandi turut mengapresiasi film Indonesia terdahulu yang mengangkat destinasi wisata di Indonesia semisal Laskar Pelangi dan KKN di Desa Penari karena ini berdampak positif bagi lokasi pengambilan film itu dan produk ekonomi kreatifnya.
"Seperti Laskar Pelangi mempromosikan Belitung dari tadinya tidak dikenal, bisa dikenal. Baru-baru ini ada KKN di Desa Penari bisa menimbulkan lebih banyak kunjungan, kreasi-kreasi, maupun produk ekonomi kreatif lokal," kata Sandiaga Uno, dikutip dari Antara.
Sandi juga menyebut pentingnya kolaborasi guna mempromosikan pariwisata tanah air sekaligus ekonomi kreatif. Ia menyampaikan bahwa dua sektor tersebut menyumbangkan 1,1 juta lapangan kerja baru pada tahun 2022.
Salah satu bentuk kolaborasi ini yakni dengan menggandeng Netflix untuk mendukung kampanye Wonderful Indonesia. Melalui kolaborasi ini nantinya akan ada delapan konten berupa film panjang, film pendek, film berbasis musik, film dokumenter, film berbasis olahraga, dan animasi yang akan ditayangkan melalui platform streaming Netflix.
"Delapan (konten) untuk beberapa bulan ke depan sampai tahun 2024. Kami harapkan akan bertambah karena ini baru target awal. Kita ingin jadi 18, 80, 800. Kita harus hadirkan karena kita punya potensi," kata Sandi.
Ia berharap kolaborasi ini dapat menjadi momentum pulih dan bangkitnya industri pariwisata dan sektor ekonomi tanah air. Selain itu juga memberikan kesempatan bagi konten-konten buatan dalam negeri bisa ditampilkan di Netflix.
(Nicholas Timothy Suteja)
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News