Maizura, pemeran Vina dalam film Bebas. (Foto: Dok. Kinanthi Publicity)
Maizura, pemeran Vina dalam film Bebas. (Foto: Dok. Kinanthi Publicity)

Asal-usul Nama Vina Panduwinata di Film Bebas

Hiburan Film Bebas
Cecylia Rura • 21 September 2019 15:00
Jakarta: Dua tokoh utama film Bebas menggunakan nama pesohor Indonesia, Krisdayanti dan Vina Panduwinata. Pemilihan nama tersebut terinspirasi saat Mira Lesmana melakukan perjalanan trans Jawa.
 
"Di sela perjalanan Jakarta-Banyuwangi, saya memulai proses awal sekali, yang paling pertama saya lakukan mencatat dua tokoh utama siapa, Kris dan Vina," kata Mira Lesmana, produser film Bebas dari Miles Films di Jakarta Pusat.
 
Pemilihan nama Vina Panduwinata berkaca pada tren musik saat itu. Dalam latar waktu 1995, banyak musisi muncul berasal dari Jawa Barat. Dari beberapa nama, terpilih Vina Panduwinata untuk diperankan Maizura.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Masa itu memang penyanyi datang dari Jawa Barat, mulai dari Nicky Astria, Nike Ardilla, akhirnya muncul pada nama Vina," kata Mira Lesmana.
 
Pemilihan soundtrack lagu juga melalui proses panjang. Mira mendengarkan ratusan lagu dan menyaring beberapa yang tepat untuk menjadi scoring film hingga tersaring 10 lagu, salah satunya lagu Sendiri dari Chrisye.
 
"Dapat sekitar 25 lagu saya diskusikan sama Riri. Kita dengarkan lagu berulang. Selain lirik pas, tempo harus cocok dan cocok untuk masa itu," terang Mira.
 
Film Bebas tetap memertahankan rasa lokal meski mengadaptasi dari film Sunny. Selain menampilkan potret pergaulan dan kondisi sosial tahun 1995, film Bebas melakukan syuting di beberapa sudut autentik Jakarta seperti Blok M, Pasar Baru, dan Menteng.
 
Bebas diadaptasi dari film box office berjudul Sunny asal Korea Selatan. Telah diadaptasi di beberapa negara, kisah persahabatan remaja ini dibawa ke Indonesia oleh Miles Films melalui CJ Entertainment.
 
Film Bebas dibagi menjadui dua masa yakni 1995 dan 2019. Adaptasi cerita menyesuaikan potret zaman Indonesia pada tahun 1995. Film ini sutradarai Riri Riza dengan naskah dari Mira Lesmana dan Gina S. Noer.
 
Film Bebas dalam geng remaja dibintangi Maizura (Vina), Sheryl Sheinafia (Kris), Agatha Pricilla (Jessica), Lutesha (Suci), Zulfa Maharani (Gina), dan Baskara Mahendra (Jojo).
 
Geng dewasa diperankan Marsha Timothy (Vina), Susan Bachtiar (Kris), Indy Barends (Jessica), Widi Mulia (Gina), dan Baim Wong (Jojo).
 
Jefri Nichol, Darius Sinathrya, Oka Antara, Brandon Salim, Dea Panendra, Amanda Rawles, Giorgino Abraham, Kevin Ardilova, Syifa Hadju, Bisma Karisma, Sarah Sechan, dan Irgy Fahrezy ikut terlibat dalam film.
 
Film Bebas tayang serentak di bioskop 3 Oktober 2019.
 


 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif