Ludruk Kekinian lakon Dukun Tiban (Foto: dok. Mitra Seni Indonesia)
Ludruk Kekinian lakon Dukun Tiban (Foto: dok. Mitra Seni Indonesia)

Ludruk Kekinian Hadirkan Tiara Idol hingga Cak Lontong, Galang Donasi untuk Seniman

Hiburan seni teater
Agustinus Shindu Alpito • 28 Agustus 2020 15:05
Jakarta: Mitra Seni Indonesia (MSI) menggelar pentas virtual bertajuk Ludruk Kekinian dengan lakon Dukun Tiban. Acara ini digelar sebagai perayaan ulang tahun MSI yang ke-13 dan merayakan kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75. Selain itu, lewat Ludruk Kekinian, MSI ingin menggalang donasi bagi para seniman terdampak pandemi covid-19. Ludruk ini tampil pada Minggu, 30 Agustus 2020, pukul 19.00 WIB melalui kanal YouTube Mitra Seni Indonesia. Kemudian, video ludruk ini dapat ditonton melalui kanal YouTube Mandiri mulai 31 Agustus 2020, selama satu bulan penuh.
 
Bagi mereka yang mengalami keterbatasan akses internet dapat menyaksikan ludruk ini lewat saluran TVRI, pada 31 Agustus, pukul 21:30 WIB.
 
MSI berharap kesenian ludruk yang mulai jarang dipertunjukan ini dapat kembali menghibur masyarakat, dan tetap lestari.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk lebih mencintai dan bangga buatan Indonesia, termasuk cinta ludruk Indonesia, hasil karya anak bangsa," ujar Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio.
 

Ludruk Kekinian Hadirkan Tiara Idol hingga Cak Lontong, Galang Donasi untuk Seniman
 
Agar lebih menarik dan bisa diterima generasi muda, MSI melibatkan sejumlah seniman muda dari berbagai latar belakang. Termasuk Tiara "Idol" dan komedian Cak Lontong.
 
"Kita ingin mengajak anak muda dan masyarakat umum untuk mencintai seni budaya tradisional, untuk hal ini ludruk. Ludruk paling banyak penggemarnya dari seni budaya pertunjukan lain."
 
"Pagelaran ludruk dikemas kekinian, supaya bisa mengikuti selera pemirsa. mengambil pemain muda untuk ikut serta dalam pagelaran ini tarian remo, kita kolaborasikan dengan flash mob. setelah itu ada Tiara "Idol" akan membawakan medley, ada Cak Lontong sebagai bintang tamu dan Cak Kirun sebagai maestro ludruk," ujar Ketua Panitia Pagelaran Amal Ludruk MSI Hesti I. Kresnarini, dalam jumpa pers virtual, Jumat, 28 Agustus 2020.
 
Adapun seniman lain yang terlibat dalam pentas ini antara lain, Proborini, Rina Listy sebagai pemain utama, dan pemain ludruk senior Ribut Kenedy yang sekaligus sebagai sutradara. Komedian lain yang tampil adalah Komar, Derry dan Eman.
 
Donasi untuk seniman yang digalang MSI dapat diakses melalui situs benihbaik.com atau klik di sini.
 
(ASA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif