Kit Harrington dan Emilia Clarke dalam Game of Thrones musim kedelapan (Foto: HBO)
Kit Harrington dan Emilia Clarke dalam Game of Thrones musim kedelapan (Foto: HBO)

Film Game of Thrones Bajakan Ditonton 55 Juta Kali dalam Sehari

Hiburan game of thrones
Purba Wirastama • 22 April 2019 14:50
California: Serial Game of Thrones musim kedelapan atau terakhir sudah tayang perdana setiap pekan sejak 15 April 2019 waktu Indonesia. Menurut data terbaru dari lembaga riset Muso, aktivitas menonton ilegal atasu serial tersebut ternyata mencapai jumlah yang sangat besar.
 
Dalam 24 jam saja, menurut laporan Mashable berdasarkan data rilisan Muso, episode pertama Game of Thrones 8 ditonton hingga 54 juta kali selama 24 jam pertama.
 
Dari jumlah keseluruhan itu, sebanyak 76,6% aktivitas menonton dilakukan lewat layanan streaming ilegal. Aktivitas menonton dari unduhan ilegal adalah 12,2%, sedangkan unduhan torrent mencapai 10,8% saja. Lalu masih ada porsi kecil dari layanan torrent khusus sebanyak 0,5%.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bandingkan dengan aktivitas menonton lewat saluran resmi atau legal. Menurut data Nielsen, jumlah penonton episode pertama mencapai 17,4 juta penonton untuk seluruh sesi siaran hari pertama. Itu termasuk sesi siaran perdana, dua kali tayang ulang, serta siaran dari layanan streaming HBO.
 
Data yang dihimpun Nielsen memang tidak termasuk aktivitas menonton ulang dari platform yang sudah menayangkan sebelumnya. Lalu angka ilegal 54 juta mungkin saja meliputi aktivitas menonton ulang dari platform individu yang sama. Kendati begitu, angka tersebut menunjukkan tingkat pembajakan sangat tinggi.
 
Jumlah tayangan Game of Thrones 8, baik lewat saluran resmi maupun ilegal, masih akan bertambah hingga episode terakhir dirilis pada 20 Mei mendatang.
 
Di negara mana saja aktivitas ilegal tersebut berlangsung? Menurut data Muso, pembajakan terbanyak datang dari India, yaitu sebanyak 9,5 juta kali ditonton atau sekitar 17% dari total angka 54 juta. Tiongkok ada di urutan kedua dengan total aktivitas 5,2 juta kali atau hampir 10%.
 
Sementara itu, AS sebagai negara asal Game of Thrones menduduki peringkat ketiga. Total aktivitas menonton ilegal mencapai 4 juta kali atau sekitar 7,4% pada saat penayanagan perdana Game of Thrones 8 episode pertama.
 

 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif