Christine Hakim (Foto: medcom)
Christine Hakim (Foto: medcom)

Christine Hakim Meriahkan Peringatan 700 Tahun Wafatnya Sastrawan Dante Alighieri

Hiburan christine hakim sastra
Sunnaholomi Halakrispen • 15 April 2021 07:00
Jakarta: Rangkaian kegiatan dilakukan untuk memeringati 700 tahun wafatnya sastrawan Italia, Dante Alighieri. Kegiatan bertajuk Tokoh Perempuan dalam Semesta Dante ini diselenggarakan oleh Institut Kebudayaan Italia di Jakarta bekerja sama dengan Kedutaan Besar Italia.
 
"Tahun 2021 merupakan 700 tahun wafatnya Dante Alighieri. Rangkaian kegiatan peringatan ini melibatkan Kedutaan Besar, Konsul, dan Institut Kebudayaan Italia di seluruh dunia," tutur Direktur Institut Kebudayaan Italia di Jakarta, Maria Battaglia, dalam siaran pers.
 
Ia memaparkan, program ekstensif terdiri dari pameran seni visual, konser, pertunjukan langsung bahkan menggunakan multimedia berteknologi canggih.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Program ini bekerja sama dengan Commitato Nazionale per le Celebrazione del Centenario dan dengan beberapa institusi-institusi budaya nasional penting, dari Accademia degli Crusca alla Societa` Dantesca sampai dengan Centro per il Libro e la Lettura (CePELL)," jelasnya.
 
Program Dante 700 worldwide ini telah dimulai sejak 25 Maret lalu. Kemudian, akan berlangsung hingga akhir musim gugur pada kegiatan Pekan Bahasa Italia di Dunia ke XXI (18-24 oktober).
 
"Dari Jakarta kami akan membahasnya bersama-sama dengan Bianca Garavelli, Marina Castiglione, dan Paolo Pizzimento," pungkasnya.
 
Sementara itu, pada acara webinar dalam rangkaian peringatan 700 tahun wafatnya Dante Alighieri, dihadirkan tamu dari Italia, yakni Prof. Alberto Casadei dan Prof. Arcangeli. Hadir juga aktris Christine Hakim dan aktor Satrya Rangga Buana.
 
Dante sendiri disebut sebagai Bapak bahasa Italia. Pria kelahiran Florence tahun 1265 ini sejak kecil menekuni puisi latin kuno (Virgilio, Orazio dan Stazio) dan hadir di kelompok penyair muda yang menanyikan lagu tentang cinta. Sedangkan Dante muda, menekuni puisi stil novo.
 
Nama Dante sebenarnya terkait dengan karyanya yang terkenal, yaitu La Divina Commedia (Divine Comedy) yang digubah selama sekitar 15 tahun. Ini adalah sebuah puisi yang terbentuk dari 100 puisi dibagi menjadi 3 canti: Neraka (Inferno), Api Penyucian (Purgatorio) dan Surga (Paradiso)
 
Pada puisi tersebut, Dante menceritakan perjalanannya di alam dunia nydosa (Neraka), penebus dosa (Api Penyucian), dan penyelamatan (Surga). Kompleksitas dan kemegahan puisinya meliputi teologi, moralitas, filosofi, refleksi dan politik.
 
 
 
(ELG)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif