Nyanyian Anak, Film Musikal Anak Sarat Pesan Moral

Cecylia Rura 28 Juni 2018 11:26 WIB
film anak
Nyanyian Anak, Film Musikal Anak Sarat Pesan Moral
Para pemain dan tim produksi Nyanyian Anak (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Jakarta: Satu lagi judul film yang menambah daftar panjang hiburan untuk mengisi pekan liburan anak. Mini Onsteam bekerja sama dengan CGV Cinemas merilis sinema pendek keluarga berjudul Nyanyian Anak.

Mengambil tema rutinitas kehidupan keluarga modern, film ini dibumbui dengan ragam problematika keluarga. Ketika ambisi orangtua dapat membunuh karakter anak, suasana kekeluargaan tampak kaku dan membuat anak tidak betah berada di rumah.

“Lewat film berdurasi 45 menit, kami ingin mensosialisasikan pendidikan karakter anak, dikemas ringan agar mudah dipahami anak-anak maupun orangtua. Sebab pendidikan karakter anak adalah tanggung jawab bayak pihak,” tutur Ita Sembiring selaku produser film Nyanyian Anak yang merangkap sebagai penulis naskah.

Menariknya, ada sentuhan musikal untuk menyampaikan pesan moral keluarga yang dibawakan anak-anak. Diangkatnya lagu anak-anak dalam film sekaligus kembali menghidupkan nyanyian anak di masa kecil yang kini kian tak berarah.



"Selain itu juga kami berusaha memperkenalkan kembali lagu anak-anak jaman dulu yang masih dikenal sampai hari ini seperti Bintang Kecil, Pergi Ke Bulan dan Mimpi karya almarhum A. Riyanto dan Daldjono. Dengan demikian anak-anak juga punya Nyanyian sesuai jiwa dan usia kanak-kanak," kata Ita.

Situasi tergerusnya lagu anak di Indonesia juga turut menjadi inspirasi judul untuk film bergenre drama musikal ini.

"Menurut saya anak-anak usia sekarang enggak punya nyanyian yang seusianya, dan nyanyian harus ada dalam hidup kita. Bisa sedih dan senang. Aku lihat anak-anak sekarang enggak punya nyanyian dalam arti sebenarnya, tapi secara filosofi nyanyian itu bisa memberikan kata pengganti, untuk anak dan ibu punya nyanyian, kayak harapan. Ini loh yang saya harapkan dan yang saya inginkan. Lebih ke impian," ujar Ita.

Proses syuting telah dilakukan sejak Februari hingga April 2018, tetapi sempat berhenti pada Maret karena ada kegiatan lain dari pihak sekolah.

"Februari syuting, berhenti satu bulan karena Maret mereka olimpiade jadi sekolahnya enggak bisa dipakai," kata Ita.

Tim produksi Mini Onsteam terbentuk sejak digelarnya LA Indie Movie 2015. Dalam mengerjakan film, Mini Onsteam yang hanya mengandalkan beberapa personel yakni Abdi, Sendi Tyas, CX Frans Juvenal dan Ita Sembiring.

Selain melibatkan publik figur dan aktor yang berpengalaman, Nyanyian Anak ikut menyertakan pemain yang di-casting dari anak-anak paduan suara untuk memudahkan bermain dalam drama musikal.

"Waktu mereka show, sekolah-sekolah vokal suka bikin performance. Ya, aku datang aja ke situ. Aku buka open casting, tapi casting itu memang harus ada feeling," kata Ita.

Ita Sembiring didampingi Christ Untarsih selaku produser eksekutif. Proyek film pendek ini dipimpin sutradara Mahesa Desaga. 

Beberapa aktor pendukung film ini antara lain Mo Sidik, Bayu Oktara dan sederet nama yang lolos casting beserta para pemain yang sempat terlibat dalam film pendek besutan Ita Sembiring sebelumnya yaitu Tommy Tjokro, Amara Katim, Christopher Noel, Audrey Clarimond, Widi Dwinanda, Zilly Larasati, Randu Dahlia, Dhini Hidayati, Erlangga Noor Rizqi, Ghirlanda Egregia, Tamara Hastisya, Zola Azaria, Ancilla Rike Elystya dan Anastasia Melanie.

Film Nyanyian Anak telah dijadwalkan tayang di beberapa lokasi yakni pada 7 Juli 2018 di CGV Grand Indonesia, 11 Juli di Teras Kota, lalu pada 23 Juli 2018 bersama penderita kanker dan thalasemia sekaligus memperingati Hari Anak di CGV Cinemas Pacific Place, pada 17 Agustus 2018 ditayangkan di CGV JWalk bersama anak-anak panti asuhan dan kurang mampu. Film ini juga menerima tawaran bagi yang ingin mengadakan nonton bersama, oleh sebab itu untuk penjualan tiket dibuka dalam bentuk prajual.

 





(ASA)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id