Mieke Wijaya (Foto: Instagram Mieke Wijaya)
Mieke Wijaya (Foto: Instagram Mieke Wijaya)

4 Fakta Mieke Wijaya Meninggal Dunia: Mengidap Diabetes Hingga Minta Lebaran di Rumah

Hiburan meninggal dunia Artis Meninggal Sineas Meninggal
Patrick Pinaria • 04 Mei 2022 23:00
Jakarta: Dunia hiburan Tanah Air kembali berduka. Artis senior Mieke Wijaya meninggal dunia pada Selasa, 3 Mei 2022.
 
"Telah meninggal dunia Mama, Nenek, kami tercinta Hj. Mieke Widjaja pada hari Selasa, 3 Mei 2022 jam 19.30 WIB dalam usia 82 tahun. Mohon diampuni segala kesalahan-kesalahannya dan semoga amal ibadahanya diterima Allah SWT," bunyi pesan singkat yang diterima redaksi Medcom.id.
 
Jenazah almarhum disemayamkan di rumah duka yang terletak di kawasan Ampera, Jakarta Selatan. Kemudian, ia dimakamkan di TPU Tanah Kusir sekitar pukul 12.00 WIB.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut ini fakta-fakta Mieke Wijaya sebelum meninggal dunia:

1. Profil Mieke Wijaya 

Mieke Wijaya memiliki nama asli Miecke Marie De Rijder. Ia lahir pada 17 Maret 1939. Ia menikah dengan Dicky Zulkarnaen pada 1965. Keduanya memiliki empat anak, salah satunya sineas film Nia Zulkarnaen. 
 
Mieke Wijaya telah aktif di dunia sinema sejak era 1950-an. Salah satu film ikonik yang dibintangi Mieke dari masa awal sinema Indonesia adalah Tiga Dara (1956).
 
Sepanjang kariernya, Mieke membintangi lebih dari 50 judul film, termasuk sinetron. Kepiawaian Mieke dalam berakting juga diakui dalam berbagai ajang penghargaan, termasuk Festival Film Indonesia. Mieke menyabet tiga trofi Festival Film Indonesia, yaitu pada tahun 1967, 1975, dan 1981, dan juga trofi kehormatan Lifetime Achievement Award pada Festival Film Indonesia 2015.

2. Mengidap penyakit diabetes dan kanker

Nia Zulkarnaen menjelaskan penyakit yang diderita oleh sang ibu. Menurutnya, penyakit diabetes menjadi pemicu kanker di tubuh sang ibu. Aktris senior itu pun tidak memberi tahu tentang penyakit tersebut ke orang-orang terdekat, dia tidak ingin merepotkan orang lain.
 
"Mama awalnya diabetes, akhirnya ada kanker. Terus terang kami tidak tahu, karena memang mama sangat baik, seorang ibu yang tidak pernah marah, jadi mama sakit pun diam saja," ujar Nia Zulkarnaen, dikutip melalui kanal Youtube KH Infotainment.
 
"Memang ibu yang luar biasa, ibu yang baik, tidak mau menyusahkan orang lain." sambungnya.

3. Ingin Lebaran di Rumah

Aktris senior Mieke Wijaya sempat mengungkapkan keinginannya kepada anak-anaknya, yaitu merayakan Lebaran di rumah. Sebelumnya, Mieke menjalani perawatan di RSPAD Gatot Subroto.
 
"Mama pulang baru hari Rabu (pekan terakhir sebelum Lebaran), karena penginnya Lebaran di rumah. Ya, mungkin ini jadinya Lebarannya kumpul semua," kata putri Mieke Wijaya, Nia Zulkarnaen, di rumah duka yang terletak di Ampera, Jakarta Selatan, pada Selasa, 3 Mei 2022.
 
Nia juga menceritakan kondisi fisik Mieke Wijaya yang menurun jelang Lebaran. 
 
"Mulai menurunnya 1 hari sebelum Lebaran, di malam takbiran," ujar Nia.

4. Dimakamkan di Satu Tempat dengan Suami

Mieke Wijaya dimakamkan hari ini di TPU Tanah Kusir. Sesuai dengan permintaan almarhum suami Mieke Wijaya, Dicky Zulkarnaen, mereka akan dimakamkan di satu tempat.
 
"Insya Allah, hari Rabu 4 Mei di Tanah Kusir. Insya Allah dimakamkan satu tempat dengan papa, itu permintaan papa dulu." ujar Nia Zulkarnaen.
 
(PAT)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif