Onggy Hianata Berharap Kisah Hidupnya Menginspirasi Anak Muda
Onggy Hianata. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
Jakarta: Sutradara Fajar Nugros merilis film Terbang: Menembus Langit pada April 2018. Film ini mengangkat kisah nyata dari sosok Onggy Hianata, pria asal Tarakan yang memperjuangkan filmnya. Kepada awak media, Onggy bercerita bagaimana kisahnya bisa diangkat film.

"Dia melihat saya tinggal di desa, orang kampung hidup susah terus kemudian berani ambil satu langkah ke Surabaya. Dia bilang itu bagus banget kalau difilmkan. Kemudian dia bilang, saya Tionghoa karena biasa Tionghoa kan biasanya punya fasilitas, ternyata enggak punya apa-apa, berjuang dari bawah. Sehingga dia bilang contoh yang bagus untuk masyarakat Indonesia di mana pun, sehingga menginspirasi generasi muda ke depan bahwa siapa saja lahir di Indonesia siapapun warna kulit perbedaan keyakinan, agamanya berjuang saja artinya Indonesia punya peluang untuk maju," papar Onggy kepada awak media di kawasan Karet, Jakarta, Selasa, 22 Mei 2018.

Alur cerita murni diambil dari kisah nyata Onggy. Disebutkan, tidak ada naskah jadi melainkan film dihasilkan dari hasil wawancara Fajar bersama Onggy.


"Setelah dia interview saya, karena saya kan dikenalkan juga, saya enggak kenal Mas Fajar tadinya. Jadi cerita saya itu saya ceritakan ke beliau, orang talent kan kalau mau bikin film juga harus tahu siapa orangnya sehingga dia juga ikut ke acara boot camp dia ke kampung saya dia bilang ini layak difilmkan," imbuhnya.

Onggy sendiri kini telah sukses menekuni profesinya sebagai motivator yang mendunia.

Film Terbang: Menembus Langit diperankan oleh Dion Wiyoko, pemeran Onggy bersama Laura Basuki yang memerankan istri Onggy. Film ini sudah sempat tayang di bioskop Indonesia pada April 2018.



 



(ELG)