Jumpa pers Tokyo International Film Festival 2019 (Foto: Metrotvnews/Luhur Hertanto)
Jumpa pers Tokyo International Film Festival 2019 (Foto: Metrotvnews/Luhur Hertanto)

Zhang Ziyi Pimpin Dewan Juri Tokyo International Film Festival 2019

Hiburan Tokyo International Film Festival 2019
Luhur Hertanto • 29 Oktober 2019 17:05
Tokyo: Merayakan keberagaman dengan berkolaborasi. Inilah tema besar dalam penyelenggaraan Tokyo International Film Festival (TIFF) 2019 yang berlangsung hingga 5 November mendatang di Roppongi, Tokyo.
 
Ada 14 film yang akan berkompetisi dalam ajang tahunan ini. Separuh di antaranya adalah hasil kolaborasi senias dari berbagai negara. Faktor budaya dari negara asal masing-masing sineas muncul dan berpadu dalam film-film tersebut.
 
"Saya pikir TIFF memiliki perspektif lebih luas dalam memilih film untuk kompetisi dan festival. Di dalamnya keberagaman tidak cuma muncul di permukaan tetapi merefleksikan kebudayaan masing-masing negara," kata Ketua Dewan Juri TIFF 2019, Zhang Ziyi, Selasa (29/10/2019), Di Toho Theatre, Roppongi Hills, Tokyo.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Aktris senior asal Tiongkok yang bersinar dalam film Crouching Tiger, Hidden Dragon ini mengaku sangat beruntung dapat berpartisipasi di dalam TIFF 2019. Bukan karena ada banyak film dari Tiongkok yang berkompetisi dan diputar melainkan kesempatan untuk melihat budaya yang berbeda-beda ternyata sangat dapat berkolaborasi menghasilkan karya-karya indah.
 
"Ada film Jepang, Iran, Tiongkok, Norwegia, Guatemala, Italia dan sebagainya. Inti festival ini adalah komunikasi dan menginspirasi melalui film," sambung Zhang Ziyi.
 
Pandangan disampaikan Michael Noer, sineas asal Denmark yang menjadi anggota dewan juri TIFF 2019. Menurutnya, keberagaman adalah keniscayaan dan cara yang terbaik merayakan keberagaman adalah kolaborasi lintas budaya.
 
"Film memakai bahasa gambar dan ini sangat universal. Bahasa yang berbeda untuk menghubungkan warga dunia," ujarnya.
 
Dewan juri TIFF 2019 terdiri lima orang. Ada tiga orang juri lainnya yang akan bekerjasama dengan Zhang Ziyi dan Michael Noer. Mereka adalah Julie Gayet, Ryuichi Hiroki dan Bill Gerber.
 
Julie Gayet adalah aktris dan produser asal Prancis yang dalam TIFF 2009 memperoleh penghargaan sebagai aktris terbaik. Julie Gayet juga dikenal sebagai istri Francois Hollande, mantan Presiden Prancis.
 

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif