Bung Hatta (Foto: ist)
Bung Hatta (Foto: ist)

Kisah Masa Muda Bung Hatta Diadaptasi ke Film

Hiburan film indonesia
Purba Wirastama • 16 Maret 2019 10:22
Jakarta: Proyek film biopik terbaru berjudul Janji Hatta akan segera masuk tahap produksi. Film ini, yang naskahnya ditulis Andibachtiar Yusuf, diadaptasi dari kisah hidup proklamator dan Wakil Presiden pertama Indonesia, Mohammad Hatta.
 
Janji Hatta diproduksi oleh Adie Marzuki, Faiza Achmad, Andy Zaky, dan Dina Ardiyanti dalam bendera Invasi Pictures. Pihak keluarga Hatta juga menjadi rekan produksi.
 
Belum ada sinopsis resmi yang dirilis. Namun film ini akan bercerita tentang "satu fase dalam perjalanan hidup tokoh proklamator Bung Hatta", termasuk alasan kenapa Hatta berkomitmen tidak menikah sebelum Indonesia merdeka.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menurut produser Adie Marzuki, kisah filmnya akan menyorot karakter Hatta yang bisa menjadi inspirasi bagi generasi muda.
 
"Cerita-cerita mengenai Bung Hatta – kejujuran, kesederhanaan, kegigihan, dan kecerdasan – sangat dibutuhkan untuk menjadi inspirasi segala generasi. Termasuk kisah cintanya yang adalah perwujudan janji tak tergoyahkan," kata Adie dalam keterangan resmi, Jumat, 15 Maret 2019.
 
Secara resmi, pengerjaan film ini dimulai bersamaan dengan momentum peringatan 39 tahun pasca meninggalnya Hatta pada 14 Maret 1980. Dalam peringatan ini, keluarga besar Hatta membuat jamuan di rumah kawasan Menteng. Mereka yang menjamu antara lain Meutia Hatta Swasono, Gemala Hatta, Halida Hatta, dan Gustika Jusuf Hatta.
 
Sejumlah tamu, seperti budayawan Romo Mudji, sastrawan Eka Budianta, Fajar Hutomo (Badan Ekonomi Kreatif), Yoyo Yahyono (Perpustakaan Nasional), Alfatif Timur (KitaBisa.com), serta Rama Manusama (alumnus Rotterdam), diajak berbagi cerita tentang sosok Hatta. Pihak keluarga juga meminta mereka memberi masukan bagi proyek film Janji Hatta.
 
Gustika, cucu terkecil Hatta, bercerita bahwa kakeknya memang terkesan selalu serius. Namun aslinya, Hatta juga bisa humoris. Gustika menyebut sang kakek "receh" kalau melontar lawakan.
 
Belum ada informasi lebih lanjut tentang proyek film ini. Selain soal cerita yang belum bisa diipastikan, informasi lain seperti siapa sutradara, pemain, dan jadwal tayang juga belum dirilis secara resmi.
 

 

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif