Tim di balik layar Kucumbu Tubuh Indahku di FFI 2019 (Foto: Medcom/Abas)
Tim di balik layar Kucumbu Tubuh Indahku di FFI 2019 (Foto: Medcom/Abas)

Kucumbu Indah Tubuhku Dominasi Kemenangan FFI 2019

Hiburan Festival Film Indonesia (FFI) 2019
Dhaifurrakhman Abas • 09 Desember 2019 00:14
Jakarta: Kucumbu Tubuh Indahku mengukuhkan kemenangannya dengan menyabet 8 kemenangan dari 12 nominasi ajang Festival Film Indonesia (FFI) 2019 yang digelar di Studio Metro TV, Jakarta Barat, Minggu 8 Desember 2019.
 
Film besutan Garin Nugroho itu memenangkan kategori Pemeran Pendukung Pria Terbaik, Penata Busana Terbaik, Pengarah Artistik Terbaik, Penyunting Gambar Terbaik dan Penata Musik Terbaik. Selain itu Pemeran Utama Pria Terbaik, serta Film Cerita Panjang Terbaik.
 
Film ini juga memenangkan kategori untuk Sutradara Terbaik yang disabet Garin Nugroho. Sayangnya, Garin tidak dapat menerima Piala Citra 2019 lantaran tak dapat hadir dan diwakilkan putri sulungnya, Kamila Andini.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Akhirnya, penghargaan FFI bisa didapatkan oleh papa setelah 38 tahun berkarier. Beliau memberi tahu, kalau beliau memohon maaf karena tidak bisa hadir," kata Kamila, yang mewakilkan Garin menerima penghargaan, di Studio Metro TV, Jakarta Barat, Minggu 8 Desember 2019.
 
Meski tak dapat hadir, Kamila menyampaikan pesan yang diterimanya dari Garin buat disampaikan dalam malam penganugerahan tersebut. Pesan tersebut berisi mengenai kebebasan berkarya di Indonesia.
 
"Karena, sensitivitas sangat penting untuk membuka dialog publik dan penghargaan ini adalah bukti keterbukaan ekspresi di sinema Indonesia," tuturnya.
 
Lebih lanjut, Kamila menyampaikan, ayahnya sangat senang Kucumbu Tubuh Indahku meraih Piala Citra dalam ajang FFI 2019 kali ini. Hal ini lebih membanggakan ketimbang raihan piala di festival internasional.
 
"Meski saya sudah penghargaan internasional, seperti di festival Italia, Prancis Singapura, dan Bangkok. Namun, FFI adalah kehormatan terbaik bagi saya, karena FFI dari Indonesia, dan rumah saya adalah di Indonesia. Saya senang bisa terus mencipta karya di tengah sineas muda-mudi di Indonesia," tandas Kamila menyampaikan.
 


 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif