Sheila Timothy. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)
Sheila Timothy. (Foto: Medcom.id/Cecylia Rura)

Kompetisi Film Pendek Netflix Bersama Kemendikbud Usung Tema Pancasila

Hiburan netflix
Cecylia Rura • 10 Januari 2020 13:05
Jakarta: Produser Sheila Timothy, anggota dari Asosiasi Produser Film Indonesia (Aprofi) menyambut baik kerjasama Netflix dan Kemendikbud untuk mengadakan kompetisi film pendek bertema Pancasila. Menurutnya, program ini ikut mendukung upaya kerjasama dari Netflix mendukung industri perfilman Indonesia.
 
"Pancasila buat saya menarik banget karena menurut saya Pancasila itu punya banyak hal di dalamnya. Kita bedah ada humanisme, beliefs, multikultur, dan sebagainya. Bagaimana perbedaan yang bisa disampaikan dan tidak harus melulu jadi kaku," kata Sheila Timothy di Jakarta Pusat, Kamis, 9 Januari 2020.
 
Kompetisi film ini terjadi atas kerjasama Netflix dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia. Tema ini dinilai menantang karena Pancasila dengan esensinya seperti Bhinneka Tunggal Ika dan gotong royong dapat disampaikan secara luwes melalui film.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Bagaimana justru challenge-nya membuat seperti yang Pak Menteri (Nadiem) bilang membuat tema Pancasila menjadi cool, keren, entertaining tapi punya bobot. Dan film yang baik adalah film yang entertaining tapi bernilai untuk audience," terang Produser LifeLike Pictures itu yang sempat menjabat sebagai Ketua Aprofi periode 2013-2016.
 
Kompetisi film bertema Pancasila ini berhadiah modal produksi 600 ribu dolar AS atau sekitar Rp8,2 miliar. Kompetisi ini termasuk dalam rangkaian kerjasama Kemendikbud dan Netflix yang diumumkan Kamis, 9 Januari 2020 di Gedung Kemendikbud Jakarta Pusat. Netflix telah berkomitmen dengan investasi sebesar 1 juta dolar AS atau sekitar Rp14 miliar.
 
"Kerjasama ini akan fokus pada pelatihan pengembangan kapasitas kreatif, menghubungkan insan perfilman dengan ahli di internasional. Undangan kompetisi dalam membuat konten, lokakarya, tata kelola, keamanan online. Senang rasanya Indonesia akan menjadi tuan rumah World Economic forum tahun ini," kata Kuek Yu-Chuang, Managing Director Netflix Asia Pacific.
 
Dalam program Script to Screen, sebanyak 15 penulis terpilih berangkat ke Netflix HQ di Los Angeles, Amerika Serikat sekitar Maret 2020. Program ini juga serangkai dengan lokakarya bersama 100 penulis, online safety training program, dan Agile Governance workshops bersama World Economic Forum.
 

 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif