Film Kartini (Foto: screenplay)
Film Kartini (Foto: screenplay)

5 Fakta Menarik Film Kartini

Hiburan film kartini rekomendasi film trivia film
Medcom • 21 April 2022 15:39
Jakarta: Sebagai perayaan Hari Kartini yang jatuh tiap tanggal 21 April, patut rasanya kita untuk kembali mengulik kisah hidup pahlawan nasional tersebut. Film Kartini (2017), adalah salah satu film tentang Kartini yang menceritakan kehidupan dan perjuangan tokoh penggerak laju emansipasi wanita pada masanya.
 
Film tersebut disutradarai oleh Hanung Bramantyo dan dibintangi oleh aktris dan aktor ternama Tanah Air, seperti Dian Sastrowardoyo, Christine Hakim, Deddy Sutomo dan Reza Rahadian. Film biopik ini tentunya memerlukan riset dan pengembangan cerita yang akurat.
 
Berikut beberapa fakta dan kisah menarik proses produksi film tersebut:

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


1. Dian Satro Belajar Bahasa Belanda
Aktris Dian Sastrowardoyo yang memerankan R.A Kartini mendalami peran dengan belajar Belanda, mengingat sosok Kartini sebenarnya menggunakan bahasa Jawa dan Belanda dalam kehidupan sehari-hari. Di film ini, terhitung sebanyak 64 kalimat yang menggunakan bahasa Belanda.
 
"Saya belajar dari nol. Belajar bahasa Jawa dengan baik dan benar, bahasa Indonesia dengan logat Jawa, bahasa Belanda juga." ucap Dian Sastro.
 
2. Cerita Lucu Hanung Bramantyo saat Hari Kartini
Hanung Bramantyo sebagai sutradara memiliki pengalaman menarik dan kocak seputar perayaan Hari Kartini saat dirinya masih duduk di bangku sekolah. Hanung yang kala itu masih berumur 5 tahun diwajibkan oleh sekolahnya untuk mengenakan pakaian adat daerah.
 
"Biasa kalau Hari Kartini itu yang perempuan pakai kebaya, yang laki pakai blangkon khas daerah saya, Jogja, lalu pakai sorjan." katanya.
 
Perisitiwa memalukan terjadi saat sorjan yang dikenakan oleh Hanung melorot dan membuatnya ditertawai teman sekelas. Walaupun menjadi kenangan tak enak, hal ini juga sebagai pemicu bagi sang sutradara untuk membesut film biopik Kartini.
 

 

 

 

 
3.  Melibatkan Djenar Maesa Ayu
Diketahui bahwa film ini merupakan film ketiga yang menceritakan sosok Kartini. Sebelumnya di tahun 1928 telah dirilis film R.A Kartini dan di tahun 2016 dengan film Surat Cinta untuk Kartini. Tenyata Djenar Maesa Ayu, anak dari sutradara R.A Kartini, Sjumandjaja ikut ambil bagian di film Kartini besutan Hanung Bramantyo. Djenar di film ini memerankan Raden Adjeng Moeriam, ibu tiri Kartini.
 
5 Fakta Menarik Film Kartini
 
4. Mengunjungi Makam Kartini
Dian Sastro menyempatkan dirinya untuk pergi ke Rembang, guna mengunjungi makam Kartini. Di sana, Dian meminta doa dan restu untuk memerankan pahlawan Indonesia itu. Selain berziarah, Dian juga mendatangi beberapa lokasi yang dekat dengan hidup Kartini, seperti ke rumah suami Kartini.
 
5. Riset Persiapan Film yang Mendalam
Agar memastikan cerita dalam film dibuat sebaik dan seakurat mungkin, Hanung Bramantyo melalukan riset dengan membaca buku-buku seputar Kartini dan mengunjugi daerah Jepara. Tidak hanya itu saja, produser Robert Ronny mengungkapkan jika mereka mengirimkan tim riset ke Belanda. Hal-hal tersebut menjadikan fim ini ditunda perilisannya selama satu tahun. (Yahya Nadim Oday)
 
 
 
(ELG)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif