Rima Melati (Foto: instagram)
Rima Melati (Foto: instagram)

Pejalanan Karier Rima Melati, Aktris Peraih Piala Citra hingga Aktivis Sosial

Medcom • 23 Juni 2022 17:23
Jakarta: Kabar duka datang dari dunia hiburan Tanah Air, aktris senior Rima Melati dikabarkan meninggal dunia pada 23 Juni 2022 pukul 15.14 WIB di usia 84 tahun. Untuk mengenang sang aktris, berikut rangkuman kiprah Rima Melati di dunia hiburan.
 
Rima Melati lahir pada tanggal 22 Agustus 1939 dengan nama asli Marjolien Tambajong di Tondano, Sulawesi Utara. Rima Melati memulai debutnya di film Djuara Sepatu Roda (1958), dan memulai aktingnya sebagai pemeran utama untuk pertama kalinya di film Kasih Tak Sampai (1961).
 
Di dekade 60an, Rima Melati sibuk membintangi banyak film seperti Violetta (1962), Bermalam di Solo (1962), Hadiah 2.000.000 (1962) dan Kartika Aju (1963) sebelum akhirnya memutuskan untuk cuti sementara dari dunia akting.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Istri dari almarhum Frans Tumbuan ini kembali ke layar lebar dengan film Big Village (1969), kariernya sebagai seorang aktris mendapat sebanyak enam nominasi piala citra, dan memenangkan satu penghargaan untuk kategori Aktris Terbaik di film Intan Berduri.
 
Tidak hanya itu, Rima Melati juga membentuk grup musik terkenal pada zamannya, Baby Dolls yang beranggotakan Rima Melati, Baby Huwae, Gaby Mambo, dan Indriati Iskak.
 
Selain berkecimpung di dunia hiburan, Rima Melati diketahui menjadi aktivis sosial dan aktif mengurus Yayasan Indonesia Tanpa Tembakau (YITT) dalam upaya kampanye antirokok. Hal ini dipicu saat Rima divonis terkena kanker payudara pada tahun 1989, usai menerima perawatan di Belanda, Rima Melati dinyatakan sembuh.
 
Karier Rima Melati saat menjadi aktris adalah hal yang sangat luar biasa, pasalnya Rima Melati aktif membintangi sebanyak hampir 100 film selama lima dekade. (Yahya Nadim Oday)
 
(ELG)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif