Arswendo Atmowiloto, kreator cerita Keluarga Cemara (Foto: Medcom.id/Purba Wirastama)
Arswendo Atmowiloto, kreator cerita Keluarga Cemara (Foto: Medcom.id/Purba Wirastama)

Komentar Kreator Asli Keluarga Cemara terkait Hasil Adaptasi ke Layar Lebar

Hiburan Film Keluarga Cemara
Purba Wirastama • 15 Januari 2019 07:00
Jakarta: Arswendo Atmowiloto, penulis asli kisah Keluarga Cemara versi majalah dan buku, sudah dua kali menonton filmnya yang diadaptasi oleh sutradara Yandy Laurens. Bagi Wendo, dua pengalaman menonton itu terasa berbeda ketika dia menonton bersama keluarga.
 
"Dua kali (menonton). Yang pertama, (film) ini biasa – ya bukan biasa, tapi ya okelah," kata di Kemang, Senin, 14 Januari 2019.
 
"Yang kedua, saya malah sudah rontok, sudah cengeng. Yang kemarin saya nonton enggak nangis, ini malah nangis. Mungkin itu karena nonton dengan keluarga, anak, cucu, dan semua," ungkapnya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kisah Keluarga Cemara telah berusia empat dekade sejak terbit pertama sebagai cerbung di majalah Hai dan disambung dengan novel berseri. Kisah utamanya berpusat pada Abah, seorang ayah dari keluarga yang awalnya kaya raya, tetapi mendadak bangkrut dan harus bertahan hidup di kampung. Salah satu hal menonjol, Abah adalah seorang yang jujur, sabar, dan sayang keluarga dalam kondisi apapun.
 
Sejak film adaptasinya dirilis dua pekan lalu dan menembus angka box office satu juta tiket, banyak tanggapan positif dari penonton yang juga sampai ke telinga Wendo. Dia senang sosok jujur seperti Abah masih menjadi idola penonton.
 
"Kalau mau dibilang optimismenya, nilai-nilai kekeluargaan itu ternyata masih berlaku dan orang jujur masih diidolakan, meskipun mungkin dengan jujur, dia tidak bisa kaya raya. Kalau film ini bisa membuka ke arah itu, menurut saya sudah sukses," ungkap Wendo.
 
Pria kelahiran 1948 ini juga menyebut bahwa cerita reflektif dari para penonton adalah kado terindah bagi para kru dan pemain di balik film. Misalnya, ketika ada seorang bapak yang telah menonton filmnya dan sadar dirinya sudah terlalu keras kepada anak-anak.
 
Film Keluarga Cemara dibuat oleh Visinema Pictures bersama sutradara Yandy Laurens dan penulis naskah Gina S Noer. Film ini dibintangi oleh Ringgo Agus Rahman, Nirina Zubir, Zara JKT48, dan Widuri Puteri.
 

 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif