Foto udara pulau Abidon yang terletak di Distrik Kepulauan Ayau, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat  (Foto: SUMARYANTO BRONTO/MI)
Foto udara pulau Abidon yang terletak di Distrik Kepulauan Ayau, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat (Foto: SUMARYANTO BRONTO/MI)

Sejumlah Fakta dari Ekspedisi Nusa Manggala ke 8 Pulau Terluar

Hiburan Ekspedisi Nusa Manggala
A. Firdaus • 15 Agustus 2019 14:57
Jakarta: Ekspedisi Nusa Manggala telah rampung dilakukan oleh Pusat Penelitian Oseanografi, yang dibawahi Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Beberapa fakta pun terungkap dari hasil ekspedisi tersebut.
 
Ekspedisi Nusa Manggala merupakan sebuah ekspedisi ke pulau-pulau terluar Indonesia. Ada delapan pulau yang dijamah oleh tim ekspedisi.
 
Ekspedisi menghabiskan waktu 60 hari perjalanan pulang pergi dan didokumentasikan secara rapi. Semua itu demi mengajak masyarakat dan para pemangku kepentingan bisa melihat serta menjaga pulau-pulau yang berbatasan langsung dengan negara-negara lain.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berikut beberapa fakta yang dirangkum Medcom.id dari Ekspedisi Nusa Manggala ke Pulau-Pulau Kecil Terluar di Indonesia:
 
- Ekspedisi ini melibatkan 55 peneliti dan ilmuwan Indonesia dari bidang ekologi, daya dukung lingkungan, sosial kemanusiaan, serta geomorfologi.
 
- Ekspedisi ini dimulai pada Oktober hingga Desember 2018.
 
- Ekspedisi menjelajahi 6.000 kilometer perjalanan.
 
- Menggunakan kapal riset LIPI Baruna Jaya VIII yang mengantar peneliti menelusuri delapan pulau kecil terluar yang jauh dari peradaban.
 
- Untuk eksplorasi ke pulau-pulau terkecil memakan waktu 49 hari.
 
-Di Kepulauan Mapia, tepatnya di Pulau Brass-Fanildo, terdapat salah satu atol terbesar di Indonesia dengan luas area dari 3.000 hektare.
 
- Nusa Manggala bermakna Nusa yang artinya pulau berjarak. Manggala diambil dari bahasa Sansekerta: Sesuatu yang ada di depan atau sesuatu yang menjaga.
 
- Ekspedisi ini menghabiskan anggaran kurang lebih Rp9 miliar.
 

 

(UWA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif