Tokyo International Film Festival (TIFF) 2019
Tokyo International Film Festival (TIFF) 2019

Uncle dan Daftar Pemenang Tokyo International Film Festival 2019

Hiburan Tokyo International Film Festival 2019
Luhur Hertanto • 06 November 2019 09:00
Tokyo: Setelah sembilan hari bekerja, dewan juri kompetisi ajang Tokyo International Film Festival (TIFF) 2019 sepakat memberikan nilai tertinggi kepada Uncle. Film karya sineas Denmark ini dianugerahi penghargaan tertinggi, Tokyo Grand Prix Award 2019.
 
"Ini adalah pengakuan yang luar biasa dari TIFF kepada kami," ujar sutradara "Uncle", Frelle Petersen, dalam penutupan TIFF 2019 di Yurakucho, Tokyo, Selasa (5/11/2019).
 
Uncle bercerita tentang ketelatenan seorang perempuan muda merawat pamannya yang terserang stroke sembari mengelola peternakan sapi perah. Semua dilakukannya seorang diri, meski itu artinya dia harus putus dari sekolah kedokteran hewan.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Film bukan cuma tentang budaya pertanian Denmark yang sedang suram. Melainkan juga cinta keluarga, bahwa sangat penting mengetahui siapa yang benar-benar penting dalam kehidupan kita," papar Frelle.
 
Sementara Just 6.5 dari Iran diganjar dua penghargaan sekaligus. Film yang berkisah hubungan antara penyelundup dengan pecandu narkoba ini meraih Best Actor Award yang diberikan kepada Navid Mohammadzadeh dan Best Director Award untuk Saeed Roustaee.
 
"Film ini memecahkan rekor box-office di negara kami. Konon ini adalah film yang paling banyak ditonton dalam 20 tahun terakhir. Tapi saya sih enggak tahu pastinya seperti apa," ujar Roustaee.
 
Old Men Never Die yang juga berasal dari Iran meraih The Spirit of Asian Award dari Japan Foundation Asia Center. Lembaga yang sama menganugerahkan Asian Future Best Film Award untuk Summer Knight dari Tiongkok.
 
Best Picture Award diraih i: Documentary of the Journalist. Film karya sutradara veteran Tatsuti Mori ini berkisah reporter Tokyo Shimbun yang kontroversial.
 
Tokyo Gemstone Awards diberikan kepada beberapa aktor muda berbakat. Mereka adalah Riru Yoshina (Take Over Zone), Sairi Ito (Life: Untitled), Yui Sakuma (I Was a Secret Bitch) dan Josefine Frida (Disco).
 
Sedangkan peraih penghargaan film pilihan penonton diraih Only The Animals karya sutradara Dominik Moll dari Prancis. Best Screenplay Award diberikan kepada Shin Adachi untuk film otobiografinya, A Beloved Wife.
 
"Jarang-jarang lho film komedi diundang ikut kompetisi, dapat penghargaan pula," kata Adachi dalam ucapan terima kasihnya.
 
Award for Best Artistic Contribution jatuh kepada Wang Rui dalam film Chaogtu with Sarula. Sedangkan Atlantis karya Valentyn Vasyanovych dari Ukraina meraih The Special Jury Price.
 

 

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif