Farhan (kiri) dan Nia Dinata (kanan) dalam Dialog Selasa di Auditorium DPP NasDem Jakarta, (Foto: Dok. Ist)
Farhan (kiri) dan Nia Dinata (kanan) dalam Dialog Selasa di Auditorium DPP NasDem Jakarta, (Foto: Dok. Ist)

Nia Dinata: Sineas Wajib Beradaptasi dengan Teknologi

Hiburan film indonesia nia dinata
Dhaifurrakhman Abas • 04 September 2019 20:19
Jakarta: Sutradara film, Nia Dinata, meminta seniman beradaptasi dan terbuka terhadap perkembangan digitalisasi. Hal ini agar seniman bisa bersaing di era perkembangan teknologi.
 
"Hal ini yang mewajibkan setiap pegiat film tetap harus mengikuti perkembangan zaman," kata Nia, di acara Dialog Selasa yang digelar Partai NasDem di Auditorium DPP NasDem Jakarta, Selasa 3 September 2019.
 
Nia mengatakan, Indonesia di era Industri 4.0, teknologi sudah semakin maju. Perkembangan tersebut juga menjamah industri hiburan yang semakin modern. Alhasil pekerja seni dituntut lebih kreatif dalam menciptakan hingga mendistribusikan karya seninya.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ranah digital juga harus dipelajari, namun harus tetap menjaga kualitas sehingga penghargaan pada proses persiapan dan proses kreatif layar lebar tetap ada," ucap dia.
 
Sutradara Berbagi Suami ini juga menuturkan, masyarakat tidak lagi hanya menyaksikan karya seni di bioskop ataupun televisi. Perkembangan teknologi bikin berbagai platform digital bermunculan.
 
Ambil misal Netflix dan YouTube, yang saat ini digemari masyarakat sebagai wadah untuk menyaksikan karya seni pengganti televisi maupun bioskop. Nia ingin hal ini bisa dimanfaatkan para seniman untuk menyalurkan karya dan bakatnya.
 
"Kita ambil contoh platform Netflix saat ini cukup bagus. Dan peraih penghargaan film juga dapat diarahin melalui paltform Netflix yang menjadikan platform tersebut mampu bersaing dan menjadi pilihan," tandasnya.
 

 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif