Maisie Williams dalam Game of Thrones 8 (HBO)
Maisie Williams dalam Game of Thrones 8 (HBO)

Episode 5 Game of Thrones Season 8 Punya Skor Terendah di Rotten Tomatoes

Hiburan game of thrones
Purba Wirastama • 14 Mei 2019 14:31
New York: Episode kelima dalam musim kedelapan Game of Thrones tampaknya telah membuat kecewa sebagian penggemar. Bahkan berdasarkan ulasan dari para kritikus di negara asalnya, akumulasi skor mereka menunjukkan angka terendah dibandingkan 71 episode sebelumnya.
 
Episode kelima musim delapan (episode 72), yang diberi judul The Bells, ditayangkan perdana di HBO pada Senin pagi, 13 Mei 2019. Dalam hitungan jam setelah tayang, media sosial dipenuhi obrolan tentang Game of Thrones. Kebanyakan merasa episode tersebut paling kelam dan kejam. Tidak sedikit yang kecewa terhadap dua kreator DB Weiss dan David Benioff terkait bagaimana cerita ini dibuat.
 
Pasalnya, Daenerys Targaryen dengan naga terakhirnya melakukan tindakan sinting di pusat kota. Dia membakar seluruh kota beserta penduduknya. Sepanjang lebih dari 30 menit, penonton melihat kekejaman itu lewat perspektif tokoh utama Arya Stark, Jon Snow, dan sejumlah penduduk dari jarak dekat.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebagian penonton merasa pilihan tindakan ini bertolak belakang dengan perjalanan karakter Daenerys dari musim ke musim. Alur cerita membuat mereka percaya tokoh ini mampu bertindak lebih bijaksana dan penuh belas kasih, tetapi itu diruntuhkan seketika lewat episode terakhir.
 
Kekecewaan penonton – serta kritikus – terekam dalam skor angka setiap musim dan episode Game of Thrones di situs web agregator ulasan Rotten Tomatoes. Dari total delapan musim Game of Thrones sejak 2011, musim terakhir punya akumulasi skor paling rendah. Dari enam episode dalam musim delapan, episode kelima punya skor terendah.
 
Pertama, mari kita simak akumulasi skor per musim. Sejak musim pertama hingga ketujuh, Game of Thrones punya skor rata-rata antara 8-9 dalam skala 10. Artinya, sebagian besar kritikus yang tercatat di Rotten Tomatoes sepakat bahwa tujuh musim ini berkualitas baik.
 
Skor Tomatometer untuk musim 1-7 selalu berada di atas 91% dan masuk kategori "fresh". Tomatometer adalah skor spesial dari Rotten Tomatoes, untuk menunjukkan apakah para kritikus sepakat bahwa suatu film atau serial layak disebut "segar".
 
Skor dari penonton juga terhitung bagus. Untuk ketujuh musim, skor dari penonton bervariasi antara 88% hingga 97%.
 
Nah, untuk musim terakhir, sejauh ini skor rata-rata dari kritikus adalah 7,81 dalam skala 10. Kendati tidak terlalu buruk, ini adalah skor paling rendah dibandingkan tujuh musim sebelumnya. Berapa skor Tomatometer? Ternyata 73% atau sekadar "cukup segar". Skor dari penonton lebih rendah, yaitu 45%.
 
Kedua, skor setiap episode. Untuk episode yang sedang kita bahas, atau episode 72, skor akumulasi dari para kritikus adalah 6 dalam skala 10. Berapa skor Tomatometer? Hanya 49%. Kedua jenis skor menunjukkan bahwa episode 72 dianggap oleh kritikus sebagai yang terburuk sepanjang sejarah serial Game of Thrones.
 
"Rasanya seperti Game of Thrones mengkhianati satu karakter besar hanya demi akhir cerita yang mudah," tulis Anna Leszkiewicz dalam ulasan untuk New Statesman.
 
David Sims, lewat tulisan di The Atlantic, menyebut bahwa secara umum, episode ini dikerjakan dengan sangat baik. "Namun bagiku, ini terasa sangat hampa, seluruh narasinya dilenyapkan begitu Daenerys bertindak."
 
Tidak semuanya menyudutkan episode ini. Anthony O'Connor (Filmink Australia) misalnya, menyebut episode 72 sebagai rangkuman "segala hal yang baik dan buruk tentang tayangan serial ini".
 
Game of Thrones adalah serial fantasi epik dari HBO yang diadaptasi dari serial novel A Song of Ice and Fire karya George RR Martin. Episode pertama ditayangkan pada April 2011 dan disusul 72 episode berikutnya dalam delapan musim hingga sekarang.
 
Episode 72 atau pamungkas Game of Thrones akan ditayangkan perdana di HBO pada 20 Mei 2019.
 

 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif