Netflix (Foto: Getty Images)
Netflix (Foto: Getty Images)

MUI Bantah Ada Fatwa Haramkan Netflix

Hiburan netflix
Cecylia Rura • 24 Januari 2020 14:01
Jakarta: Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) membantah adanya rencana mengharamkan Netflix di Indonesia. Hal ini disampaikan melalui pesan resmi menanggapi kabar seolah-olah Netflix haram dan dibahas di MUI.
 
Pihak MUI menegaskan, belum ada pembahasan tentang platform digital penyedia jasa layanan konten, termasuk Netflix, apalagi menetapkan fatwa.
 
"Juga tidak ada rencana untuk membahas. Pemberitaan yang menyebutkan MUI menetapkan fatwa haram Netflix atau MUI siap menetapkan fatwa haram Netflix adalah tidak benar. Media yang sudah terlanjur menulis demikian perlu meluruskan pemberitaan," bunyi keterangan tertulis yang tertanda dari Ketua Komisi Fatwa MUI Prof. Dr. H. Hasanudin AF, MA.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dalam pernyataan lanjutan, fatwa ditetapkan setelah adanya pertanyaan dan pengkajian mendalam tentang masalah yang akan difatwakan. Jika berkaitandengan disiplin keilmuan tertentu, Komisi Fatwa akan mendengar pandangan ahli.
 
"Setiap orang, termasuk pengusaha penyedia jasa digital tidak boleh membuat platform yang menjual, mengedarkan, dan/atau memuat konten terlarang, baik secara hukum maupun secara agama," tulis MUI.
 
"Dalam hal penyedia layanan melakukan pelanggaran dengan penyediaan konten yang terlarang, maka aparat punya wewenang, tanggung jawab serta kewajiban untuk mencegah dan melakukan penindakan serta penegakan hukum guna melindungi masyarakat," tulis MUI.
 
Sebelumnya, beredar kabar MUI siap mengeluarkan fatwa haram untuk Netflix jika terbukti ditemukan adanya konten negatif. Namun, hingga kini pihak MUI belum menerima laporan dari masyarakat tentang adanya konten negatif di Netflix.

 

(ASA)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif