Riri Riza berbincang dengan sutradara ternama asal Iran, Majid Majidi. (Foto: dok. klikfilm)
Riri Riza berbincang dengan sutradara ternama asal Iran, Majid Majidi. (Foto: dok. klikfilm)

Riri Riza Mengulik Cerita di Balik Karya Sutradara Peraih Oscar Asal Iran

Hiburan riri riza Festival Film Iran Klik Film
Elang Riki Yanuar • 07 Mei 2021 07:00
Jakarta: Riri Riza berbincang dengan sutradara ternama asal Iran, Majid Majidi. Dialog ini merupakan bagian dari pembukaan acara Iranian Film Festival.
 
Iranian Film Festival digelar sejak 5 sampai 20 Mei 2021 di layangan streaming Klik Film. Majid Majidi menyambut baik ajang ini karena merasa Indonesia memiliki banyak kesamaan dengan negaranya.
 
Kebetulan, banyak film Majid yang diputar di Iranian Film Festival 2021. Salah satunya Sun Children yang masuk nominasi Oscar 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bukan kali ini saja film karya Majid menjadi nomine Piala Oscar. Pada tahun 1998 film Children of Heaven karya Majid memenangkan Academy Award untuk kategori Film Asing Terbaik. Riri menangkap benang merah di setiap karya Majid yaitu, selalu mengangkat kisah anak kecil. Rupanya Majid memang menyimpan tujuan tertentu.
 
"Saya melihat, anak-anak di sebuah negara itu bisa membangun masa depan yang baik bagi bangsa tersebut. Anak-anak adalah harta yang penting sekali bagi kita semua karenanya saya membuat film yang ada relationshipnya dengan anak-anak agar bisa fokus mengangkat anak-anak di satu negara, tidak hanya di negara saya saja melainkan di seluruh dunia," jelas Majid Majidi.
 
"Saat ini ada sekitar 150 Juta anak anak yang dimanfaatkan untuk berkerja keras di masa kecilnya. Itu sebabnya saya ingin fokus membuat film-film terkait anak agar suara mereka ini bisa didengarkan di seluruh dunia," lanjut dia.
 
Iranian Film Festival 2021 akan menghadirkan 25 film asal Iran. Setelah dibuka acara bincang Majid Majidi dan Riri Riza, tema bincang-bincang lain dalam acara ini yakni, "Uncovering Iran & Oscar" yang menghadirkan narasumber Rako Prijanto, Mouly Surya, Ismail Basbeth, Salman Aristo, dan dipandu oleh Daniel Dokter. Untuk tema "A Discovery Of Iran & Spritualism" akan menghadirkan narasumber Garin Nugroho, Rayya Makarim, Haydar Bagir dengan moderator Alim Sudio.
 
Sementara untuk tema "Unmaskin Iran & Horor/Thriller" menampilkan narasumber Ifa Ifansyah, Hikmat Darmawan, Anggy Umbara, dengan moderator Ekky Imanjaya. Tema terakhir adalah "Beneath The Layers : Iran & Woman/Children" yang menghadirkan narasumber Christine Hakim, Sha Ine Febriyanti, Happy Salma dengan moderator Shandy Gasella.
 
"Semua karya saya melalui anak-anak, saya gambarkan bahwa seorang anak tak akan pernah berhenti untuk sesuatu yang lebih baik. Demikian pula dengan segala pikiran seorang anak tentunya kebaikan. Semua film saya selalu memperlihatkan bahwa di situ selalu ada harapan, keinginan, karakter itu selalu berusaha dan tak mau berhenti sampai mencapai tujuannya dan keinginannya," tutup Majid.
 
(ELG)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif