Cuplikan film animasi Si Juki (Foto: YouTube Falcon)
Cuplikan film animasi Si Juki (Foto: YouTube Falcon)

Kreator Animasi Indonesia Dilirik Dunia

Hiburan film indonesia film animasi
Dhaifurrakhman Abas • 30 Januari 2020 15:11
Jakarta: Industri kreatif Tanah Air di sektor animasi mulai naik daun. Banyak studio animasi asal Indonesia yang mulai dilirik mancanegara.
 
“Dari kita, Asosiasi Industri Animasi Indonesia (Ainaki), sudah ada kreator animasi yang berkolaborasi dengan negara-negara Asean juga Eropa,” kata Sekertaris Jendral Ainaki, Eka Chandra, di Jakarta, Rabu 29 Januari 2020.
 
Industri kreatif di bidang animasi juga bikin untung keuangan negara. Kata Eka, salah satu subsektor ekonomi kreatif ini menunjukkan laju pertumbuhan hingga 10 persen.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kita memang baru mulai. Tapi dari data Bekraf, Asosiasi Industri Animasi Indonesia (Ainaki) bertumbuh hingga 10 persen,” terangnya.
 
Salah satu hal yang menunjang industri tersebut dipengaruhi kebutuhan perusahan besar terhadap studio maupun kreator animasi lokal. Ambil misal, Disney Indonesia yang beberapakali menjalin kerjasama dengan studio lokal.
 
"Mereka membutuhkan outsourcing, mempercayakan ke studio kita, khususnya untuk bisang tiga dimensi," ujarnya.
 
Meski begitu, ada kendala dalam mengembangkan industri aninasi di Indonesia. Salah satunya soal membangun Intellectual Property (IP). Untuk itu dia berharap ini menjadi perhatian pemerintah.
 
"Secara pengembangan IP, butuh biaya yang besar. Nah kalau di Malaysia misalnya, ini menjadi perhatian pemerintah mereka. Kita masih dalam proses ke arah sana," tandasnya.,
 

 
(ASA)


FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif