Teguh Esha (Foto: Antara Foto/Dodo Karundeng)
Teguh Esha (Foto: Antara Foto/Dodo Karundeng)

Sastrawan Teguh Esha Meninggal Dunia

Hiburan Artis Meninggal Sineas Meninggal
Sunnaholomi Halakrispen • 17 Mei 2021 13:45
Jakarta: Berita duka cita datang dari dunia film, sastra, dan media massa. Sastrawan Teguh Slamet Hidayat Adrai alias Tegus Esha meninggal dunia pada usia 74 tahun.
 
"Berita duka cita. Telah berpulang ke Rakhmatullah sahabat kita, wartawan  yang juga sastrawan, Teguh Esha ( Ali Topan Anak Jalanan) Senin, 17 Mei 2021 pukul 07.23 WIB di RS Dr Suyoto, Bintaro," tulis pesan singkat yang beredar.
 
"Pemakaman siang ini dengan protokol kesehatan. Mari kita panjatkan doa bersama mengiringi kepergiaanya. Semoga almarhum Husnul Khotimah. Alfatihah," tulis pesan itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pengamat film Yan Widjaya membenarkan kabar duka tersebut. Di sisi lain, penyebab meniggalnya Teguh Esha tidak dijelaskan dengan detail, namun faktor usia salah satunya.
 
"RIP Teguh Esha (Teguh Slamet Hidayat Adrai) (Banyuwangi 8/5/1947 - DKI 17/5/2021) sastrawan pop, novelis #AliTopanAnakJalanan (bermula cerber di majalah humor #Stop sejak 1972). Selain tetralogi #AliTopan yg jadi ikon anak muda era 1970-an, juga #DewiBesser, #PenembakBintang, dan lain-lain," cuit Yan di Twitternya.
 
Teguh Esha merupakan penulis novel, penulis skenario film, pengamat film, sekaligus wartawan. Pria kelahiran tahun 1947 ini pernah menjadi pimpinan Majalah Sonata dan Lelaki.
 
Selain itu, ia memiliki sejumlah karya di dunia film dan penulisan buku. Di antaranya, sebagai penulis skenario film Ali Topan Anak Jalanan tahun 1977 dan Ali Topan Detektif Partikelir Turun ke Jalan pada tahun 1979.
 
Sedangkan buku ciptaannya, terbit pada tahun 2000-an. Pertama, pada tahun 2005 berjudul Ismail Marzuki: musik, tanah air, dan cinta.
 
Kemudian, buku berjudul Alexandra Dan Ali Topan: Ku Selalu Ada pada tahun 2007. Selanjutnya, berjudul Otto Cornelis Kaligis: a man with million surprises tahun 2013.
 
 
(ASA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif