Robert Pattinson (Foto: gettyimages)
Robert Pattinson (Foto: gettyimages)

Enam Aktor Pemeran Batman dalam Film Sebelum Robert Pattinson

Hiburan robert pattinson batman trivia film
Purba Wirastama • 22 Mei 2019 15:49
California: Robert Pattinson dirumorkan akan menjadi aktor ketujuh pemeran Bruce Wayne alias Batman dalam film versi live-action sejak 1966. Jika kabar ini benar, Robert akan menggantikan posisi Ben Affleck yang terakhir kali muncul dalam film Justice League.
 
Pemilihan Robert akan membuat dia menjadi aktor pemeran Batman termuda kedua setelah Christian Bale. Dari total 11 film yang menampilkan Batman, lima aktornya berusia antara 35 hingga 45 tahun. Christian Bale berusia 30 tahun ketika dia syuting Batman Begins (2005), sedangkan Pattinson kini berusia 33 tahun.
 
Film Batman terbaru akan digarap sutradara Matt Reeves dalam naungan DC Films dan Warner Bros. Sebelumnya, proyek ini hendak digarap Affleck sebagai sutradara dan sekaligus aktor utama. Namun dia mundur dari proyek dan pintu terbuka bagi Reeves.
Click to Expose

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sembari menanti pengumuman resmi dari Warner Bros terkait film Batman terbaru dan status Pattinson, mari kita menilik lagi siapa saja aktor Hollywood yang pernah memerankan Batman dalam film live-action.
 
1. Adam West
 
Adam West memerankan Batman dalam Batman (1966), film cerita panjang pertama yang mengadaptasi karakter komik Batman. Naskahnya ditulis berdasarkan serial tv Batman buatan ABC pada tahun yang sama. Setelah serial berjalan satu musim (34 episode), ABC membuat versi filmnya.
 
Serial itu pun melibatkan Adam sebagai pemeran Batman. Usianya sekitar 37 tahun ketika bergabung. Produser William Dozier menarik Adam untuk audisi setelah melihat performanya sebagai mata-mata mirip James Bond di sebuah iklan tv. Ada akhirnya terpilih karena kemampuan dia mengucapkan lelucon dengan muka datar.
 
Adam kembali memerankan Batman dalam versi serial lanjutan selama dua musim. Selain itu, dia juga mengisi suara Batman dalam beberapa film dan serial animasi
 
2. Michael Keaton
Enam Aktor Pemeran Batman dalam Film Sebelum Robert Pattinson
Michael Keaton bermain dalam dua film Batman garapan sutradara Tim Burton, yaitu Batman (1989) dan Batman Returns (1992). Namanya diusulkan oleh produser Jon Peters lewat referensi film Clean and Sober. Tim Burton, yang pernah bekerja sama dengan Keaton dalam Beetlejuice, sepakat.
 
Namun pemilihan Keaton mendapat penolakan dari para penggemar komik Batman. Puluhan ribu surat protes datang ke kantor Warner Bros. Para penggemar khawatir Batman versi Keaton akan menjadi "murahan" seperti film versi Adam West karena sebelumnya, Keaton bermain dalam film komedi Mr. Mom.
 
Keaton, yang waktu itu berusia 36 tahun, membuktikan dirinya. Dia mempelajari seri komik The Dark Knight Returns. Ketika filmnya dirilis, banyak pihak yang memuji penampilan akting Keaton kendati filmnya terasa terlalu kelam.
 
3. Val Kilmer
Enam Aktor Pemeran Batman dalam Film Sebelum Robert Pattinson
 
Val Kilmer menggantikan Keaton dalam satu sekuel Batman, yaitu Batman Forever (1995). Tim Burton pindah ke kursi produser dan Joel Schumacher menjadi sutradara. Kendati ini sekuel, Keaton memutuskan untuk tidak melanjutkan peran Batman karena tidak suka dengan arah filmnya dan hendak mencari peran yang lebih menarik.
 
Kilmer masuk dan dipilih tanpa membaca naskah atau tahu lebih dulu siapa sutradara. Sebelum proyek ini dimulai, Joel terkesan ketika menonon Kilmer dalam Tombstone (1993) dan merasa aktor berusia 34 itu cocok menjadi Batman. Ketika film keempat hendak dibuat, Kilmer keluar karena pertimbangan kreatif pribadi dan benturan jadwal produksi yang terlalu cepat.
 

4. George Clooney
Enam Aktor Pemeran Batman dalam Film Sebelum Robert Pattinson
 
George Clooney menggantikan Kilmer untuk film Batman & Robin (1997). Dia beradu akting dengan pemeran lama Robin, yaitu Chris O'Donell. Sutradara Joel memilih dia karena merasa Clooney bisa membawa atmosfer Batman yang lebih ringan ketimbang Keaton dan Kilmer. Saat syuting, Clooney berusia 35 tahun.
 
Pada saat yang sama, Clooney sebenarnya bermain dalam serial televisi ER. Namun pengaturan jadwal produksi membuat dia bisa mengambil dua pekerjaan ini secara hampir bersamaan.
 
Film keempat dalam seri Batman 1990-an ini masih cukup bagus secara komersial, tetapi mendapat banyak ulasan negatif. Bahkan Clooney mengkritik filmnya sendiri. Dia menyebut waralaba film berseri ini sebaiknya disetop karena hasil tidak sebanding dengan uang yang dihabiskan.
 
5. Christian Bale
Enam Aktor Pemeran Batman dalam Film Sebelum Robert Pattinson
Christian Bale menjadi Batman dalam trilogi The Dark Knight (2005-2012) garapan sutradara-penulis Christopher Nolan. Dia masih belum populer dan berusia 29 tahun saat namanya diumumkan sebagai pemain. Nolan memilih dia karena merasa Bale bisa menampilkan keseimbangan antara sisi gelap dan terang karakter.
 
Kisah paling populer tentang Bale dan Batman adalah persiapan fisiknya. Bale dalam kondisi sangat kurus setelah dia bermain dalam film The Machinist (2004). Selama beberapa bulan, lewat bantuan pelatih khusus, dia harus menaikkan berat badan hingga 45 kg. Jelang syuting, dia menurunkan berat badan berlebihnya supaya lebih cocok dengan karakter Batman. Untuk adegan beladiri, Bale berlatih wing chun.
 
6. Ben Affleck
Enam Aktor Pemeran Batman dalam Film Sebelum Robert Pattinson

Ben Affleck menjadi Batman sejak era DC Extended Universe, sebutan non resmi untuk waralaba film-film komik DC yang punya satu dunia fiksi. Dia bermain dalam tiga film, yaitu Batman v Superman: Dawn of Justice (2016), Suicide Squad (2016), dan Justice League (2017).
 
Affleck adalah aktor pertama yang didekati sutradara Zack Snyder untuk peran ini. Awalnya, Affleck enggan terlibat. Namun setelah Snyder menunjukkan konsepnya dan menyebut bahwa film ini akan berbeda dengan trilogi The Dark Knight, tetapi masih menjaga tradisi Batman, Affleck menerima dengan antusias.
 
Affleck berusia 41 tahun ketika syuting dimulai. Snyder memilih Bruce Wayne yang lebih tua untuk membuat semacam penjajaran dengan Superman yang lebih muda.
 

(ELG)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif