Tangkapan layar Metro TV
Tangkapan layar Metro TV

Insentif Film Segera Cair, Ini Daftar Janji Pemerintah kepada Sineas

Hiburan film indonesia Sandiaga Uno pandemi covid-19 Pemulihan Ekonomi Nasional Newsline
MetroTV • 17 September 2021 10:58
Jakarta: Menteri Pariwisata & Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mengabarkan insentif bagi industri Perfilman telah disetujui oleh Presiden Joko Widodo. Nantinya, insentif ini akan digunakan untuk mendorong produktivitas perfilman Indonesia yang terimbas pandemi covid-19. 
 
"Alhamdulillah, pada 6 September 2021 pemerintah telah menyetujui rancangan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) subsektor film," kata Sandi dalam Newsline Metro TV, Kamis, 16 September 2021.
 
Pemerintah telah merancang tiga skema insentif bagi industri perfilman. Meliputi skema promosi, pembelian lisensi oleh negara, dan produksi film pendek untuk komunitas daerah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun skema kedua atau pembelian lisensi telah dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. Melalui insentif ini, pembelian film edukasi diharapkan bisa meningkat.
 
Selain itu, pemerintah akan membantu pendanaan produksi film pendek bagi komunitas film daerah. Dengan membantu rumah produksi berskala kecil, pemerintah berharap karya garapan komunitas bisa ditayangkan di sejumlah situs penayangan multiplatform legal.
 
"Kuncinya dari insentif perfilman itu adalah penerapan protokol kesehatan yang disiplin. Baik
dari segi produksi, promosi, maupuan distribusi," pesan Sandi. (Mentari puspadini)

 
(UWA)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif