Festival Film Papua (Foto: dok. Papuan Voices)
Festival Film Papua (Foto: dok. Papuan Voices)

Merekam Ragam Cerita dari Bumi Cendrawasih di Festival Film Papua

Hiburan Papua film dokumenter
Elang Riki Yanuar • 05 Agustus 2021 08:00
Jakarta: Pandemi tak menghalangi Papuan Voices untuk menggelar Festival Film Papua tahun ini. Kompetisi film dokumenter yang digelar untuk keempat kalinya menghadirkan ragam kisah dari Bumi Cendrawasih.
 
Festival Film Papua IV akan digelar pada 7-9 Agustus 2021. Dari total 29 film peserta yang masuk, tim juri telah memilih 10 film dokumenter terbaik.
 
Tim juri Festival Film Papua (FFP) IV tahun ini terdiri dari Dandhy Laksono yang dikenal sebagai pembuat film dan pendiri Watchdoc. Lalu ada akademisi Universitas Cenderawasih Jayapura Elvira Rumkabu, dan pembina Papuan Voices dan Budayawan Papua, Max Binur.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Adapun 10 film terbaik Festival Film Papua IV yaitu: film Dari Hutan Kitong Hidup karya Kristina Soge dan Denis Tafor; film Hana karya Emooz Kofit; film Ilalang Bertumbuh Jagung Berbuah Sawit karya Steven Saroi; film Kamasan karya Adam Rumpumbo; film Kembali ke Jalan Leluhur karya Harun Rumbarar.
 
Lalu ada film Penjaga Dusun Sagu karya Esau Klagilit; film Penutur Terakhir? karya Salvius Tafor; film Siklus Hidup Yosep Levi; film Susah Senang Sama-sama karya Monaliza Upuya; dan film Yai Pu Tifa karya Marselius Aronggear.
 
Festival Film Papua (FFP) digelar sejak tahun 2017. Beberapa rangkaian kegiatan FFP antara lain, pelatihan pembuatan film dokumenter, kompetisi film dokumenter, workshop, dan pemutaran film-film dokumenter. Film-film yang dikompetisikan adalah film-film tentang Papua. Begitu juga film-film yang diputar.
 
"FFP diharapkan bisa menjadi tolak ukur pergerakan perfilman di Tanah Papua terutama dokumenter, memicu semangat para filmmaker Papua untuk terus berkarya, dan membangun gerakan nonton film dokumenter di masyarakat, terutama di Tanah Papua," kata penyelenggara Festival Film Papua dalam keterangan tertulisnya.
 
Sebelum acara dimulai, Festival Film Papua (FFP) memulai rangkaian acara denga perayaan hari Mambesak pada 5 Agustus dan Seminar Nasional pada 6 Agustus 2021.
 
Papuan Voices adalah komunitas pembuat film di Tanah Papua yang fokus memproduksi dokumenter berdurasi pendek tentang manusia dan tanah Papua. Berdiri sejak 2011, Papuan Voices bertujuan mengangkat cerita-cerita tentang Papua dari sudut pandang orang Papua sendiri.
 
 
 
(ELG)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif