5 Kuliner Nusantara Terpopuler Saat Lebaran

5 Kuliner Nusantara Terpopuler Saat Lebaran

Grafis Kuliner
04 Mei 2022 13:51
Jakarta: Lebaran adalah hari yang ditunggu-tunggu oleh semua umat Islam. Setalah menjalani ibadah puasa selama sebulan penuh, tibalah hari yang dinanti-nantikan. 

Dan pada Idulfitri tentu saja erat dengan hadirnya berbagai makanan yang sangat lezat. Dinukil dari Traveloka, simak yuk aneka makanan khas Nusantara yang paling populer saat Lebaran:

1. Ketupat

Dilansir dari Ruangguru, ketupat sudah ada sejak masa Sunan Kalijaga yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa. Menurut Hermanus Johannes de Graaf, seorang sejarawan Belanda yang mengkhususkan diri menulis sejarah Jawa, dalam karya tulisnya Malay Annual, ketupat yang terbuat dari beras yang dibungkus anyaman daun kelapa muda itu pertama kali muncul di Tanah Jawa sejak abad ke-15, pada masa pemerintahan Kerajaan Demak.

Jadi kala itu, adalah Sunan Kalijaga yang memperkenalkan ketupat pertama kali dalam rangka untuk berdakwah menyebarkan agama Islam ke Tanah Jawa yang notabene "sulit di-Islamkan" karena masyarakat Jawa sudah punya sistem kepercayaan sendiri yang dikenal sebagai Kejawen.

Dalam menyebarkan agama Islam, Sunan Kalijaga menggunakan pendekatan budaya. Ketupat merupakan salah satunya yang dipilih karena dianggap bisa dekat dengan kebudayaan masyarakat Jawa saat itu.

Berkat ketupat, penyebaran agama Islam pun akhirnya bisa diterima luas, banyak yang pada akhirnya memeluk agama Islam. Dan hingga saat ini ketupat erat saat hari raya Idulfitri yang menjadi hari kemenangan umat Islam.

2. Sayur godog

Sayur godog merupakan jodohnya ketupat atau bisa juga lontong. Sayur sambal odog merupakan salah satu masakan khas karena disajikan pada hari-hari khusus seperti Idulfitri, pernikahan, nuju bulan, Nisfu Sya’ban, dan hari-hari penting lainnya.

Diambil dari Kebudayaanbetawi.com, sekilas sayur ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan Lontong Cap Gomeh. Oleh karena itu, diyakini bahwa sayuran ini dipengaruhi oleh seni kuliner masyarakat Tionghoa yang telah menjadi bagian dari masyarakat Batavia (Jakarta). 

Kuliner ini berupa pepaya muda olahan Betawi, memiliki rasa pedas yang kaya ditambah campuran santan kental sehingga rasanya sangat gurih. Keunikan kuliner ini yang membedakan dengan sayuran sejenis lainnya adalah Betawi cenderung menambahkan petai.

3. Sambal goreng ati

Sambal goreng hati merupakan masakan yang biasa disajikan waktu Lebaranbersama dengan opor ayam dan ketupat terutama di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Timur. Oleh karena kelezatannya, masakan ini sering disuguhkan dalam kesempatan istimewa seperti arisan dan resepsi pernikahan.

4. Opor ayam

Sejarawan kuliner Fadly Rahman mengatakan di Kompas bahwa menu opor ayam masuk ke Indonesia juga dipengaruhi oleh akulturasi, atau penyatuan budaya Indonesia dengan budaya asing. Fadly memaparkan bahwa orang Indonesia memodifikasi masakan India dan Arab hingga menghasilkan menu tradisi Lebaran berupa opor ayam. 

Menurutnya, India memiliki menu khas bernama kari, sedangkan Arab memiliki menu khas yang dikenal dengan gulai. Kemudian, Indonesia dengan kreatifnya melakukan modifikasi atau akulturasi budaya antara India dan Arab. 

5. Rendang

Rendang atau randang dalam bahasa Minangkabau adalah masakan yang berbahan dasar daging asli Indonesia yang berasal dari Minangkabau. Masakan ini dihasilkan dari proses memasak suhu rendah dalam waktu lama dengan menggunakan aneka rempah-rempah dan santan. 

Proses memasaknya memakan waktu berjam-jam (biasanya sekitar empat jam) hingga yang tinggal hanyalah potongan daging berwarna hitam pekat dan dedak. 

Pada 2011, rendang pernah dinobatkan sebagai hidangan yang menduduki peringkat pertama daftar World's 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) versi CNN International. Dan pada 2018, rendang secara resmi ditetapkan sebagai salah satu dari lima hidangan nasional Indonesia. (TIN)
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

push notif

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif