Banjir Besar Landa Kalsel, Pemprov Siapkan Berbagai Upaya Mitigasi

Banjir Besar Landa Kalsel, Pemprov Siapkan Berbagai Upaya Mitigasi

Grafis banjir
20 Oktober 2021 07:21
BANJIR besar yang melanda Provinsi Kalimantan Selatan pada awal 2021 merupakan banjir terparah dalam 50 tahun terakhir. Bencana tersebut membuat belasan kabupaten terendam dan lebih dari 600 ribu jiwa terkena dampaknya. Tak hanya itu, kerugian diperkirakan mencapai Rp1,3 triliun.

Berdasarkan hasil kajian dan identifikasi faktor penyebab banjir, disimpulkan bahwa ada beberapa faktor yang menjadi penyebab banjir parah tersebut, di antaranya cuaca ekstrem, perubahan iklim seiring dengan eksploitasi SDA berlebihan, morfologi lahan, dan alih fungsi lahan. 

Pemerintah daerah setempat pun dituntut untuk segera bergerak agar bencana serupa tak lagi terjadi. Salah satu upaya yang akan dilakukan ialah pembangunan waduk dan bendungan. Upaya ini dilakukan demi mengatasi dampak cuaca ekstrem yang terjadi. 

Selain itu, ada pula upaya rehabilitasi daerah aliran sungai (DAS). Upaya tersebut bertujuan mengembalikan ekosistem dan fungsi sungai sebagai sendi kehidupan bagi masyarakat di sepanjang daerah aliran di wilayah Kota Banjarmasin dan Kabupaten Banjar. Dok Media Indonesia
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

push notif

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif