Ibu Kota Mulai Ramai Kembali

Ibu Kota Mulai Ramai Kembali

Grafis DKI Jakarta
04 Agustus 2021 06:52
PEMANTAUAN pada hari pertama perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 4 di Jakarta, Selasa, 3 Agustus 2021, lalu lintas jalan Sudirman-Thamrin terpantau mulai dipadati mobil lalu-lalang.

Dari pantauan sekitar pukul 15.30 WIB, terlihat beberapa pesepeda melintas di Jalan ThamrinSudirman. Kepadatan kendaraan dimulai dari jalan arah ke Sarinah dan Monas yang terbagi karena adanya proyek pembangunan proyek MRT. Namun, kegiatan kantor di sekitar Sudirman terlihat sepi walau beberapa petugas tidak menyekat sekitar Jalan Sudirman-Thamrin.

“Sudah mulai macet (lagi) kayak dulu,” ujar Rudi, pekerja kantoran di area Sudirman.

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengakui ada kenaikan mobilitas kendaraan. “Menjelang masuk ke PPKM level 4 di minggu ketiga memang terjadi angka kenaikan. Ini kalau kita lihat dari gerbang tol yang memang hitungannya akurat berdasarkan jumlah kendaraan yang masuk ke Jakarta. Ini adalah dilihat dari kamera etle,” kata Sambodo.
 
Ia mengatakan, jika dilihat angka dari PPKM darurat pekan pertama jika dibandingkan dengan PPKM mikro dalam pekan pertama angkanya turun 36%. Kemudian, pada pekan kedua PPKM darurat turun lagi 39%. Pada PPKM darurat pekan ketiga itu masih mengalami penurunan sebesar 52%.

Namun, jika dibandingkan dengan pekan ketiga PPKM darurat, ada kenaikan mobilitas sebesar 7%. Bahkan, bila dibandingkan dengan pekan kedua kenaikannya menjadi 26%. Bahkan, bila dibandingkan dengan PPKM darurat pekan ketiga ada kenaikan 30% pada saat PPKM level 4 pekan pertama.

Sambodo mengatakan pihaknya masih menyekat 100 titik yang tersebar di Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jadetabek). Hanya warga yang memiliki surat tanda registrasi pekerja (STRP) yang boleh melintas.

“Data menunjukkan hampir 2 juta orang yang pegang STRP. Jadi syarat melintasi titik pembatasan mobilitas, masyarakat sudah menunjukkan STRP dari jauh,” ujar Sambodo.
 
STRP juga tetap menjadi syarat untuk agar dapat naik KRL. “Petugas di lapangan akan memeriksa dengan ketat kelengkapan dokumen yang disyaratkan. Ketentuan itu tetap berlaku hingga ada in formasi lebih lanjut,” kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba.

Keramaian juga terlihat di Kota Bekasi, Jawa Barat. Menurut pantauan, sejumlah kafe, kedai kopi, dan tempat makan telah menyusun meja dan kursi untuk melayani pembeli makan di tempat. Bahkan, sejumlah rumah makan, warung bakso, dan kafe di Jalan Juanda, Jalan Mayor Oking, dan Jalan Joyomartono mulai tampak ramai dipadati pelanggan.
 
Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi pun berharap status PPKM level 4 di Kota Bekasi bisa berubah menjadi PPKM level 2. Pasalnya, angka kesembuhan sudah mencapai di angka 94%.

Ia menjelaskan hasil evaluasi mengenai kasus aktif covid-19 di Kota Bekasi telah melandai seiring menurunnya bed occupancy rate (BOR) rumah sakit pemerintah maupun rumah sakit swasta yang menjadi perawatan isolasi pasien. Dok Media Indonesia
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

push notif

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif