Mencari Solusi Dampak Pembangunan Tol Yogyakarta-Bawen

Mencari Solusi Dampak Pembangunan Tol Yogyakarta-Bawen

Grafis Jalan Tol
22 September 2021 07:04
PEMBANGUNAN Tol Yogyakarta-Bawen merupakan salah satu proyek pemerintah dalam menghubungkan kawasan Segitiga Emas Joglo Semar. Pembangunan tol yang memiliki panjang 75,8 kilometer ini nantinya diharapkan dapat mendorong perekonomian di pulau Jawa, khususnya di wilayah Jawa Tengah.

Tol Yogyakarta-Bawen akan dikelola PT Jasa Marga. Saat ini, pembebasan lahan yang dilakukan untuk pembangunan tol seksi 1 ini telah selesai dilakukan dan pemerintah telah memberikan uang ganti rugi sebesar Rp365 miliar. Nilai ganti rugi ini diberikan dalam tiga tahap kepada warga yang terdampak pembangunan Tol Yogyakarta-Bawen.

Sampai saat ini, ganti rugi berhasil dilakukan dengan lancar. Warga pun menyambut baik ganti rugi yang dilakukan pemerintah. Namun, beberapa warga memilih bertahan untuk mempertahankan mata pencaharian mereka dari pertanian.

Ganti rugi yang dilakukan pemerintah ini menimbulkan beberapa permasalahan seperti dampak sosial-ekonomi bagi warga di sana, yakni petani yang beralih mata pencaharian serta berkurangnya lahan pertanian di DIY. Hal ini yang harus dicari jalan keluarnya agar tidak berdampak buruk untuk jangka panjang.

Hai Sobat Medcom, terima kasih sudah menjadikan Medcom.id sebagai referensi terbaikmu. Kami ingin lebih mengenali kebutuhanmu. Bantu kami mengisi angket ini yuk https://tinyurl.com/MedcomSurvey2021 dan dapatkan saldo Go-Pay/Ovo @Rp 50 ribu untuk 20 pemberi masukan paling berkesan. Salam hangat.

Dok: Media Indonesia
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

push notif

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif