Pemkab Bogor Kejar Kekebalan Komunal

Pemkab Bogor Kejar Kekebalan Komunal

Grafis Herd Immunity
18 Juni 2021 08:14
VAKSINASI covid-19 digelar secara serentak di wilayah Kabupaten Bogor. Percepatan program vaksinasi yang menjadi hal wajib ini akan dilakukan setiap hari di seluruh puskesmas dan rumah sakit.

Presiden Joko Widodo bahkan memberikan target kepada Pemerintah Kabupaten Bogor untuk mencapai kekebalan komunal pada Agustus mendatang. Hal itu disampaikan Kepala Negara saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Stadion Pakansari Bogor, Jawa Barat, Kamis, 17 Juni 2021.

“Jadi, semua harus bekerja keras,” kata Jokowi, yang didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Di waktu yang bersamaan dan di lokasi terpisah dilaksanakan pula vaksinasi yang ditujukan bagi kelompok lansia, pelayan publik, buruh, serta pelaku ekonomi. Presiden berpesan kepada pemerintah daerah setempat untuk terus meningkatkan akselerasi vaksinasi dalam beberapa pekan ke depan. “Terus dilanjutkan. Jangan hanya hari ini saja. Kita butuh percepatan dalam rangka mencapai kekebalan komunal,” kata dia.

Bupati Bogor Ade Yasin menjelaskan, target vaksinasi hari itu sebanyak 10.000 orang dengan perincian 5.000 orang di Stadion Pakansari dan sisanya disebar ke beberapa puskesmas dan rumah sakit.

Selaku Ketua Satgas Penanganan Covid-19, Ade mengaku dirinya mendapat perintah dari Presiden untuk terus melakukan vaksinasi di stadion tersebut. “Karena sirkulasi udaranya bagus. Nanti diatur Pak Sekda Kabupaten Bogor untuk vaksinasi masal selanjutnya.”

Terkait ketersediaan vaksin atau stok vaksin, Ade menyebut masih tersedia cukup. Meski begitu Ade juga mengharapkan adanya tambahan kapasitas demi mempercepat capaian. “Kami menargetkan minimal kita bisa menyasar 20% dari jumlah penduduk atau 1,2 juta jiwa,” kata Ade.

Mobilitas tinggi
Sebelum ke Stadion Pakansari, Presiden lebih dulu meninjau pemberian vaksin di Stasiun Bogor. Pelaksanaan vaksinasi oleh Pemerintah Kota Bogor dan PT Kereta Api Indonesia (KAI) Commuter Line ini menyasar pekerja di stasiun dan penumpang yang hendak menggunakan jasa kereta.

Jokowi mengungkapkan Bogor merupakan salah satu wilayah aglomerasi yang menyangga Ibu Kota sehingga memiliki interaksi dan mobilitas tinggi. “Kita memberikan prioritas bagi warga di sini, baik bagi para penumpang KRL, kereta api, juga para pekerja di stasiun untuk melindungi mereka.”

Kepala negara menambahkan, lokasi-lokasi dengan mobilitas masyarakat yang tinggi seperti stasiun kereta, terminal bus, bandar udara, dan pelabuhan akan menjadi fokus pelaksanaan vaksinasi. 

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menuturkan Presiden telah menekankan kepada Menteri Budi untuk memprioritaskan dua hal, yakni pengunaan layanan transportasi lintas wilayah serta secara khusus harus memperhatikan wilayah penyangga Jakarta.

Sementara itu, Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat menilai percepatan terbentuknya kekebalan kelompok lewat program vaksinasi covid-19 nasional penting untuk direalisasikan. Namun, imbuhnya, lebih penting lagi perubahan perilaku agar disiplin menerapkan protokol kesehatan demi memutus rantai penularan korona di Tanah Air.

“Pembenahan sikap dan tindakan masyarakat yang sejalan dengan upaya pengendalian covid-19 juga mendesak untuk dilakukan,” tutup Lestari. Dok Media Indonesia
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

push notif

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif