Peran Rusia di Balik Krisis Gas Alam Eropa

Peran Rusia di Balik Krisis Gas Alam Eropa

Grafis Gas
24 Oktober 2021 08:01
SAAT ini Eropa sedang mengalami krisis gas alam. Krisis yang telah berlangsung dari pertengahan 2021 ini berdampak pada berbagai sektor. Salah satu sektor yang terdampak ialah energi. Pelaku sektor tersebut kesulitan mencari bahan bakar gas alam sebagai tenaga pembangkit.

Selain pada sektor energi, kelangkaan itu berdampak pada sektor perumahan. Hal itu bertepatan dengan Eropa yang sebentar lagi memasuki musim dingin. Banyak warga Eropa yang memerlukan gas alam sebagai penghangat ruangan. Di balik krisis gas alam yang terjadi, ternyata ada kebergantungan Eropa terhadap suplai gas alam Rusia.

Menurut data Uni Eropa pada 2020, 43,4% gas alam yang diterima Eropa berasal dari Rusia. Hal itu menyebabkan kelangkaan ketika kebutuhan gas alam meningkat di Eropa. Rusia sampai saat ini belum mengambil kebijakan untuk menambah suplai gas alam ke Eropa. 

Kebijakan Rusia yang lambat dalam menambah suplai gas alam menimbulkan banyak kritik. Rusia diduga menjadikan gas alam sebagai senjata geopolitik. Dok Media Indonesia
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

push notif

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif