7 Minuman Pereda Gejala Omicron Radang Tenggorokan

7 Minuman Pereda Gejala Omicron Radang Tenggorokan

Grafis tips kesehatan
29 Januari 2022 07:17
Jakarta: Gejala pasien yang terinfeksi omicron dilaporkan mirip dengan gejala flu biasa. Salah satu gejalanya, yakni radang tenggorokan. 

Seseorang yang mengalami radang tenggorokan akan mengalami berbagai gejala lain. Misalnya, nyeri atau gatal pada tenggorokan, sulit menelan, hingga rasa bengkak di bagian leher. 

Bagi Anda yang sedang mengalami radang tenggorokan karena terinfeksi omicron, terdapat beberapa minuman yang bisa mempercepat proses penyembuhan. Berikut 7 minuman yang dapat meredakan radang tenggorokan dikutip dari berbagai sumber:

1. Air madu

Kandungan nutrisi yang ada pada madu, seperti antioksidan, antiradang, dan antimikroba cocok untuk menyembuhkan radang tenggorokan. Bahan alami pada madu juga kerap digunakan untuk mengatasi beragam masalah kesehatan. 

2. Teh chamomile

Teh Chamomile juga dapat membantu mengatasi rasa nyeri dan infeksi akibat radang tenggorokan. Menurut sebuah penelitian, teh chamomile dapat membantu penderita radang tenggorokan tidur pulas, sehingga proses penyembuhan dapat dilakukan secara optimal. 

3. Teh peppermint

Teh peppermint juga masuk daftar minuman untuk radang tenggorokan. Menurut studi, teh peppermint mengandung berbagai komponen antiradang yang bisa melegakan tenggorokan. Ditambah sensasi dinginnya bisa membuat enggorokan sedikit mati rasa, sehingga rasa nyeri dapat terasa lebih reda. 

4. Teh jahe

Teh jahe secara turun temurun dipercaya menjadi solusi untuk berbagai masalah kesehatan, salah satunya radang tenggorokan. Sebuah penelitian mengungkapkan, air panas dengan ekstrak jahe dapat membantu menjaga saluran pernapasan dari virus yang menginfeksi. 

Selain menyegarkan, air lemon juga dipercaya dapat meredakan radang tenggorokan. Sari buah ini mengandung vitamin C dan berbagai macam antioksidan yang mampu mengatasi peradangan. Tak hanya itu, air lemon juga bisa meningkatkan produksi air liur, sehingga melembabkan selaput lendir. 

6. Cuka apel

Cuka apel diketahui mengandung komponen antimikroba yang bisa mengatasi infeksi. Kandungan asamnya juga dipercaya dapat memecahkan lendir di tenggorokan, sehingga mencegah perkembangbiakan bakteri. 

7. Smoothie

Smoothie yang terbuat dari bahan buah-buahan dan sayuran tinggi antioksidan dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh. Sehingga, proses penyembuhan dari penyakit radang tenggorokan dapat dilakukan secara optimal. Dok: Medcom.id
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

push notif

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif