Manula Jadi Prioritas Vaksinasi di Bulan Ramadan

Grafis Vaksinasi covid-19
23 April 2021 08:17
PEMERINTAH terus mengejar target vaksinasi bagi warga lanjut usia. Tekad itu juga mendapat dukungan dari masyarakat. Salah satunya datang dari Komunitas Indonesia Lawan Libas (KILL) Covid-19.

Para pegiat di wadah ini melakukan upaya jemput bola yang dibungkus dengan nama Program Home Care dan Home Delivery Vaksinasi 10 Ribu Lansia untuk Negara.

“Kami menyediakan 100 bus untuk Jakarta yang siap untuk menjemput para lansia,” ujar Ketua KILL Covid-19 Adharta Ongkosaputra, di Rumah Sakit Husada, Jakarta, Kamis, 22 April 2021.

Home Care, papar dia, merupakan program penjemputan warga lansia menuju sentra vaksinasi terdekat maupun RS yang telah bekerja sama dengan pihaknya. Sementara itu, Home Delivery ialah penyelenggaraan vaksinasi di lokasi warga lansia berada, seperti panti jompo ataupun panti werda.

Melalui program ini, dia berharap dapat membantu pemerintah menyukseskan vaksinasi nasional, khususnya untuk kelompok lansia berusia 60 tahun ke atas. Selain di Jakarta, kegiatan serupa juga digulirkan di Bandung, Yogyakarta, Semarang, dan Surabaya.

“Digelar sejak Maret, kami berencana terus melanjutkan program ini. Targetnya, dalam 1 bulan minimal kita dapatkan 1 juta dan dalam 3 bulan kita harapkan seluruh warga lansia sudah divaksinasi,” lanjut Adharta.

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengapresiasi kepedulian warga itu. “Vaksinasi warga lansia cakupannya masih sangat rendah jika dibandingkan dengan vaksinasi bagi tenaga pelayanan publik.

Untuk itu, melalui sistem jemput bola ini, kami optimistis bisa membantu menggerakkan warga lansia.”

Dia menambahkan stok vaksin tetap aman. Bahkan, bakal ada tambahan 5-20 juta vaksin pada Mei. “Dari target 21 juta warga lansia divaksin, kita baru mendapatkan 3 jutaan.”

Masih di Jakarta, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menggelar vaksinasi tahap pertama untuk para pekerja seni di Balai Agung, Balai Kota DKI Jakarta, kemarin. Pada hari yang sama, vaksinasi juga dilakukan bagi jurnalis dan pekerja media.

Sementara itu, Pemprov Nusa Tenggara Barat menargetkan vaksinasi untuk warga lansia tuntas sampai Idul Fitri. “Warga lansia kita bereskan, setelah itu ke masyarakat yang lain,” ujar Wakil Gubernur Hj Sitti Rohmi Djalilah. Dok Media Indonesia
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

push notif

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif