Keunikan Pakaian Adat Betawi Beserta Filosofinya

Keunikan Pakaian Adat Betawi Beserta Filosofinya

Grafis Suku Betawi
23 Juni 2022 19:13
Saat ini, suku Betawi banyak tinggal di area Jabodetabek dan sekitarnya. Secara biologis, suku ini sebenarnya perpaduan antar-etnis karena di Batavia terdapat berbagai macam etnis yang kemudian menikah dan melahirkan keturunan. 

Secara keseluruhan, baik dari tradisi, budaya, kebiasaan, kesenian, kuliner, suku Betawi banyak terinspirasi dari Melayu, Islam, dan Tionghoa. Terlebih corak Melayu dan Islam sangat kental di sana.

Nama Betawi sendiri berasal dari Batavia, lalu berubah menjadi Batavia, Batawi dan kemudian menyesuaikan lidah masyarakat lokal menjadi Betawi. Selain itu untuk mendukug budaya dan warisan Betawi, di Jakarta didirikan cagar budaya yang berada di Situ Babakan agar kelestarian Betawi tetap terjaga. 

Salah satu kelestarian yang harus dijaga adalah pakaian adat Betawi. Yuk, kenali lebih dalam mengenai pakaian adat Betawi.

1. Kebaya Encim/Kerancang
Merupakan salah satu pakaian adat Betawi yang sering diapkai oleh wanita Betawi. Kebaya encim memiliki bagian depan yang mengerucut/lancip. Sebagai bawahannya, Kebaya Encim dipadukan dengan kain sarung dengan model yang beragam.

2. Baju Sadaria
Digunakan oleh para laki-laki Betawi dan kerap dipasangkan dengan Kebaya Encim. Baju Sadaria/Sadariah/Sadarie ini berupa baju taqwa atau baju koko berkerah Shanghai (kerah tertutup). Umumnya pakaian ini berwarna putih dan berlengan panjang. Baju Sadaria dipadankan dengan dua pilihan celana. 

3. Pangsi Betawi
Sering dipakai oleh para jawara Betawi yang notabene para pendekar. Satu setel pakaian ini terdiri dari Baju Tikim dan Celana Pangsi. Hanya saja, belakangan ini pakaian ini lebih dikenal dengan Baju Pangsi. Baju Pangsi Betawi terdiri dari beberapa warna yang memiliki arti tersendiri.  

4. Pakaian pengantin Betawi
Pakaian pengantin Betawi ini merupakan perpaduan dari budaya Arab, China, India, dan Eropa sehingga tidak heran jika pakaian adat Betawi satu ini memiliki model yang cukup unik. Untuk pria, pakaian pengantinnya bernama Dandanan Care Haji. Sementara untuk wanita, pakaian pengantinnya bernama Dandanan Care None Pengantin Cine.

5. Pakaian bangsawan Ujung Serong
Umumnya hanya digunakan oleh para laki-laki yang dikhususkan untuk para bangsawan dan demang. Sebagai bawahan, digunakan celana pantalon berwarna senada dengan jas tertutup. Baju demang lebih sering digunakan pada acara resmi seperti pernikahan, rapat dan acara pemerintahan.

Baca selengkapnya di sini
(KHL)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

push notif

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif