Menumbuhkembangkan Potensi Kewirausahaan Indonesia

Menumbuhkembangkan Potensi Kewirausahaan Indonesia

Grafis Wirausaha
13 September 2021 07:52
RASIO kewirausahaan Indonesia saat ini tercatat hanya 3,47%. Dengan angka tersebut, rasio kewirausahaan Indonesia telah menembus batas 2%. Namun, dengan rasio tersebut, Indonesia dapat dibilang masih tertinggal jauh jika dibandingkan dengan negara tetangga, seperti Thailand yang sudah mencatatkan rasio kewirausahaan 4,26%, Malaysia 4,76%, dan Singapura 8,76%.

Pemerintah sendiri menargetkan rasio kewirausahaan Indonesia pada 2024 mencapai minimal 4% agar Indonesia dapat melangkah lebih baik untuk menjadi negara maju.

Pandemi covid-19 mendorong lahirnya banyak wirausaha UMKM baru. Hal tersebut disebabkan banyaknya pemutusan hubungan kerja (PHK) di berbagai sektor yang kemudian mendorong tenaga kerja terdampak untuk menjadi pengusaha UMKM. Keberadaan UMKM memang dirasa sangat penting karena dapat menyerap tenaga kerja yang tidak sedikit.

Karena itu, dengan banyaknya UMKM yang dibangun, dapat tercipta lapangan pekerjaan baru dan membantu pertumbuhan perekonomian negara. Dengan ini, target rasio kewirausahaan pada 2024 sangat mungkin untuk dicapai. Dok Media Indonesia
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

push notif

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif