Tiongkok Kembangkan Vaksin Covid-19 Satu Dosis

Grafis vaksin covid-19
03 Maret 2021 08:00
PERUSAHAAN farmasi Tiongkok Cansino Biologics Inc dan Academy of Military Sciences telah bekerja sama mengembangkan vaksin covid-19 satu dosis.

Vaksin ini telah memulai uji klinis fase I di Wuhan, Tiongkok, pada 16 Maret 2020. Pada uji coba fase II
yang dilakukan di Pakistan, vaksin ini menunjukkan tingkat efikasi 100% untuk mencegah kasus covid-19 yang parah dalam 28 hari setelah suntikan satu dosis, sementara tingkat efektivitas keseluruhan mencapai 74,8%.

Analisis sementara data uji coba tahap III untuk vaksin telah diselesaikan pada 8 Februari 2021. Pada 25 Februari, Tiongkok menyetujui vaksin dosis tunggal yang dikenal sebagai Ad5-nCOV ini untuk penggunaan umum.

Vaksin ini juga telah mendapatkan izin penggunaan darurat di Pakistan dan Meksiko. “Di antara vaksin covid-19
yang diberikan persetujuan penggunaan umum oleh Tiongkok, vaksin kami satusatunya produk yang hanya membutuhkan satu dosis,” kata Hou Lihua, peneliti dari Institut Kedokteran Militer.

Hou Lihua menambahkan, vaksin ini akan memberikan hasil proteksi yang baik hanya setelah 14 hari seusai suntikan tunggal diberikan.

Selain itu, vaksin ini bisa dikirim dan disimpan dalam suhu 2-8 derajat celsius sehingga memudahkan distribusi.

Upaya Kolombia 
Kolombia telah menjadi negara pertama di Amerika yang menerima pengiriman vaksin covid-19 melalui program Covax yang didukung PBB. Sebanyak 117.000 dosis vaksin Pfizer-BioNTech tiba di Ibu Kota Bogota pada Senin, 1 Maret 2021.

Kolombia telah menjadi salah satu negara yang paling terpukul di kawasan Amerika Latin, dengan mencatat lebih dari 2,25 juta kasus dan hampir 60.000 kematian terkait dengan virus korona.

Covax, Fasilitas Akses Global Vaksin Covid-19, bertujuan memastikan warga yang paling rentan di dunia diinokulasi serta negara-negara berpenghasilan rendah dan menengah memiliki akses yang adil untuk mendapatkan vaksin. Namun, inisiatif tersebut terhambat pasokan dosis global dan masalah logistik. Dok Media Indonesia
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

push notif

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif