Upaya Mitigasi Potensi Gempa Bumi di Indonesia

Upaya Mitigasi Potensi Gempa Bumi di Indonesia

Grafis gempa
17 Juni 2021 09:18
INDONESIA merupakan salah satu negara kepulauan terbesar di dunia. Pulau-pulau di Indonesia tersebar dari Sabang sampai Merauke dengan jumlah kurang lebih 2.952 pulau. Banyaknya kepulauan di Indonesia menjadi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia.

Salah satu tantangan terbesar yang dimiliki Indonesia ialah permasalahan gempa bumi dan tsunami. Permasalahan ini terjadi karena Indonesia berada di wilayah cincin api atau ring of fire. Posisi itu menyebabkan Indonesia memiliki 20 provinsi dengan risiko kebencanaan yang tinggi.

Pemerintah Indonesia sendiri telah mengupayakan berbagai cara dalam upaya mitigasi potensi bencana Indonesia, salah satunya dengan menggunakan pendekatan teknologi. Saat ini pemerintah Indonesia sedang mengembangkan Indonesian tsunami early warning system (Ina-TEWS), Indonesian tsunami buoy (Ina-Buoy), dan EWS dalam melakukan mitigasi potensi kebencanaan di Indonesia.
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

push notif

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif