Begini Cara Cek Tarif Tol di Google Maps

Begini Cara Cek Tarif Tol di Google Maps

Grafis Tarif Tol
18 Juni 2022 11:33
Jakarta: Google bulan lalu mengumumkan fitur baru yang akan hadir di Google Maps atau Maps untuk pengguna di Indonesia. Fitur baru tersebut adalah cek tarif tol sesuai jalur yang akan dilalui atau disarankan oleh Google Maps.
 
Aplikasi Google Maps sejak lama menyediakan bantuan untuk mengarahkan rute perjalanan baik lewat tol maupun jalan biasa. Namun sebelumnya mereka tidak menyediakan informasi mengenai tarif tol yang harus dibayarkan apabila melalui jalan tol.
 
Fitur ini akan sangat membantu bagi pengendara saat menyiapkan e-money atau kartu uang elektronik yang akan digunakan untuk membayar tol. Jadi Anda bisa memperkirakan apakah saldo e-money cukup atau berasa isi saldo yang harus disediakan sebelum menempuh perjalanan lewat tol.

Bagaimana cara cek tarif tol di Google Maps? Caranya tidak jauh berbeda seperti saat mencari rute tercepat menuju lokasi tujuan. 

Berikut ini caranya: 

1. Buka aplikasi Maps atau Google Maps di smartphone,
 
2. Di kolom deretan atas masukkan nama lokasi tujuan. Tekan tombo, Directions untuk memulai navigasi atau melihat rute perjalanan yang disarankan oleh Google Maps,
 
3. Langkah selanjutnya adalah tekan ikon tiga titik vertikal di sudut kanan atas aplikasi Google Maps, di kotak menu yang muncul pilih Route Options,
 
4. Anda akan disajikan lagi kota berisi menu, di bagian paling bawah pilih menu lihat tarif tol atau See toll pass price hingga muncul tanda centang biru, lalu tekan tombol Done.
 
Anda akan kembali ke tampilan rute perjalanan yang disarankan oleh Google. Kini bisa terlihat tidak hanya informasi durasi perjalanan tapi juga tarif tol yang harus dibayarkan. Meskipun begitu Google mengklaim bahwa  tarif tol yang digunakan hanya tarif standar dan berdasarkan jam tertentu.
 
Jadi apabila Anda menggunakan kendaraan besar atau di luar golongan mobil sedan mungkin harga tarif tol akan berbeda dari yang ditampilkan Google Maps. Hal yang perlu dicatat adalah informasi ini hanya akan muncul saat Anda memilih ikon rute perjalanan menggunakan mobil atau kendaraan pribadi. (MMI)
(WWD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai foto ini?

Aktifkan notifikasi untuk mendapatkan berita terkini dari medcom.id Notifikasi dapat dimatikan kapanpun dari pengaturan browser

push notif

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif